PENGUJIAN USER EXPERIENCE PADA APLIKASI BOOKING AKOMODASI HOTEL DENGAN METODE USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ)

ROBYANTA SAPTA BINA SARAGIH and HANSEN SUWANT and FARRAS FAWWAZY (2021) PENGUJIAN USER EXPERIENCE PADA APLIKASI BOOKING AKOMODASI HOTEL DENGAN METODE USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ). Undergraduate (S-1) thesis, Universitas Mikroskil.

[thumbnail of BAGIAN AWAL.pdf] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (9MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (9MB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36MB)
[thumbnail of BAGIAN AKHIR.pdf] Text
BAGIAN AKHIR.pdf

Download (929kB)

Abstract

Dalam penelitian ini, penulis menguji user experience pada aplikasi booking akomodasi hotel, aplikasi yang dipilih penulis adalah aplikasi Hotels.com dan RedDoorz. Tujuan dari dipilihnya topik ini adalah untuk mengukur dan membandingkan user experience antara aplikasi hotels.com dan juga RedDoorz dengan menggunakan metode “UEQ”. Alasan dipilihnya aplikasi Hotels.com dan juga RedDoorz karena penulis melihat adanya perbedaan user experience pada aplikasi Hotels.com dan RedDoorz walaupun kedua aplikasi tersebut menawarkan pelayanan jasa yang sama yaitu untuk memudahkan pengguna dalam memesan akomodasi hotel. Untuk mengukur user experience pengguna terhadap aplikasi hotels.com dan reddoorz, pengukuran dilakukan sesuai dengan 6 skala pada user experience questionnaire (UEQ) yang meliputi daya tarik, kejelasan, efisiensi, ketepatan, stimulasi, dan kejelasan pada aplikasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuisioner online dengan alat bantu Google Form berdasarkan pertanyaan yang disediakan oleh UEQ yang berjumlah 26 pertanyaan kepada 101 responden yang didapatkan dengan dilakukannya perhitungan menggunakan rumus slovin dengan 2606 populasi mahasiswa STMIK Mikroskil dengan confidence level 95% dan error margin 10%. Nilai rata-rata pada setiap skala aplikasi, untuk skala daya tarik aplikasi RedDoorz adalah 0.98 sedangkan Hotels.com memiliki nilai 0.78, skala kejelasan aplikasi RedDoorz memiliki niilai 0.92 sedangkan Hotels.com memiliki nilai 0.63, pada skala efisiensi aplikasi RedDoorz memiliki nilai 0.79 sedangkan Hotels.com memiliki nilai 0.72, pada skala ketepatan aplikasi RedDoorz memiliki nilai 0.72 sedangkan Hotels.com memiliki nilai 0.61, pada skala stimulasi aplikasi RedDoorz memiliki nilai 0.71 sedangkan Hotels.com memiliki nilai 0.70, dan skala kebaruan aplikasi RedDoorz memiliki nilai 0.35 sedangkan Hotels.com memiliki nilai 0.26. Setelah didapatkan nilai pada setiap skala, kedua aplikasi dibandingkan berdasarkan hasil skala, didapati bahwa aplikasi RedDoorz memiliki user experience yang lebih baik bila dibandingkan aplikasi Hotels.com, dengan perbandingan yang tidak signifikan.

Item Type: Tugas Akhir / Tesis (Undergraduate (S-1))
Subjects: Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Informatika > Program Studi S-1 Sistem Informasi
Depositing User: Rospi Marlena
Date Deposited: 27 Jan 2023 09:58
Last Modified: 27 Jan 2023 09:58
URI: https://repository.mikroskil.ac.id/id/eprint/946

Actions (login required)

View Item
View Item