ADINDA GRACE NATALIA HUTABARAT (2025) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, DISIPLIN BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL PRESTASI BELAJAR SISWA SMPN 18 MEDAN HELVETIA TAHUN 2024/2025. Undergraduate (S-1) thesis, Universitas Mikroskil.
![[thumbnail of BAGIAN AWAL.pdf]](https://repository.mikroskil.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAGIAN AWAL.pdf
Download (5MB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.mikroskil.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (4MB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.mikroskil.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Download (10MB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.mikroskil.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
![[thumbnail of BAGIAN AKHIR.pdf]](https://repository.mikroskil.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAGIAN AKHIR.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi belajar, disiplin belajar, dan kemandirian belajar terhadap hasil prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 18 Medan Helvetia Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian terdiri dari seluruh siswa kelas VIII, dengan jumlah poupulasi sebanyak 346 siswa dan sampel sebanyak 186 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuisioner, dan teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, motivasi belajar, disiplin belajar, dan kemandirian belajar masing-masing berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil prestasi belajar siswa. Secara simultan, ketiga variabel tersebut juga memberikan pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar. Temuan ini menunjukkan bahwa faktor internal seperti motivasi, kedisiplinan, dan kemandirian merupakan aspek penting dalam mendukung keberhasilan belajar siswa. Oleh karena itu, guru, orang tua, dan pihak sekolah perlu bekerja sama dalam menciptakan lingkungan yang mendukung untuk menumbuhkan motivasi, membangun kedisiplinan, dan mendorong kemandirian belajar agar prestasi siswa dapat ditingkatkan secara optimal. Hasil pengujian koefisien determinasi (Adjusted-R Square) diperoleh sebesar 0,521. Hal ini menunjukkan bahwa kontribusi pengaruh variabel motivasi belajar, disiplin belajar dan kemandirian belajar adalah sebesar 51,3% terhadap hasil prestasi belajar, sedangkan 48,7% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Tugas Akhir / Tesis (Undergraduate (S-1)) |
---|---|
Subjects: | Manajemen |
Divisions: | Fakultas Bisnis > Program Studi S-1 Manajemen |
Depositing User: | Adi Kurniawan |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 07:51 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 07:51 |
URI: | https://repository.mikroskil.ac.id/id/eprint/4043 |