PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA WIYATA DHARMA MEDAN DENGAN DIMEDIASI MOTIVASI BELAJAR

GISELLA CHONG and ALEXANDER (2024) PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA WIYATA DHARMA MEDAN DENGAN DIMEDIASI MOTIVASI BELAJAR. Undergraduate (S-1) thesis, Universitas Mikroskil.

[thumbnail of BAGIAN AWAL.pdf] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (13MB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of BAGIAN AKHIR.pdf] Text
BAGIAN AKHIR.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan manganalisis pengaruh Fasilitas Belajar dan Kompetensi Guru terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas X SMA Wiyata Dharma Medan Dengan Dimediasi Motivasi Belajar. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 79 siswa dengan pengambilan sampel Probability Sampling dengan sampling jenuh atau sensus. Penelitian menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) melalui program software Smart PLS 4.0. Metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui pembagian kuesioner kepada responden, wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Pengujian pengaruh langsung menunjukkan bahwa variabel Fasilitas Belajar berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Hasil Belajar, sedangkan variabel Kompetensi Guru terhadap Hasil Belajar, Fasilitas Belajar terhadap Motivasi Belajar serta variabel Kompetensi Guru terhadap Motivasi Belajar berpengaruh positif dan signifikan. Adapun variabel Kompetensi Guru terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar berpengaruh positif dan tidak signifikan. Selanjutnya, pengaruh variabel Motivasi Belajar dalam memediasi Fasilitas Belajar dan Kompetensi Guru terhadap Hasil Belajar siswa secara langsung berpengaruh positif dan tidak signifikan. R-Square Adjusted Model = 0.054, artinya kemampuan variabel X1 (Fasilitas Belajr) dan X2 (Kompetensi Guru) dalam menjelaskan Y (Hasil Belajar) adalah sebesar 5,4% dengan demikian model tergolong lemah. Adapun R-Square Adjusted Model senilai 0.336, artinya kemampuan variabel X1 (Fasilitas Belajar) dan X2 (Kompetensi Guru) dalam menjelaskan Z (Motivasi Belajar) adalah sebesar 33,6% dengan demikian model tergolong moderat.

Item Type: Tugas Akhir / Tesis (Undergraduate (S-1))
Subjects: Manajemen
Divisions: Fakultas Bisnis > Program Studi S-1 Manajemen
Depositing User: Adi Kurniawan
Date Deposited: 01 Mar 2024 11:26
Last Modified: 01 Mar 2024 11:26
URI: https://repository.mikroskil.ac.id/id/eprint/3387

Actions (login required)

View Item
View Item