MENGUJI PENGARUH VARIABEL ANTARMUKA PENGGUNA TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA MENGGUNAKAN METODE EUCS STUDI KASUS: E-LEARNING

CINDY ANGRAYNI (2025) MENGUJI PENGARUH VARIABEL ANTARMUKA PENGGUNA TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA MENGGUNAKAN METODE EUCS STUDI KASUS: E-LEARNING. Masters (S-2) thesis, Universitas Mikroskil.

[thumbnail of BAGIAN AWAL.pdf] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (13MB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[thumbnail of BAGIAN AKHIR.pdf] Text
BAGIAN AKHIR.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh elemen User Interface terhadap kepuasan siswa dalam menggunakan platform E-Learning di tingkat SMP, SMA, dan SMK di Medan dengan mengadopsi model End User Computing Satisfaction (EUCS) yang diperkaya dengan konstruk kualitas antarmuka. Variabel yang dianalisis meliputi Konten, Akurasi, Format, Kemudahan Penggunaan, Ketepatan Waktu, serta Persepsi Keseluruhan terhadap Antarmuka, dengan data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Akurasi, Format, Kemudahan Penggunaan, dan Ketepatan Waktu berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas antarmuka yang dirasakan, di mana Kemudahan Penggunaan menjadi faktor paling dominan, sementara Konten tidak berpengaruh signifikan. Selanjutnya, kualitas antarmuka terbukti memiliki pengaruh yang sangat kuat dan signifikan terhadap kepuasan pengguna, sehingga penelitian ini menekankan pentingnya desain antarmuka yang intuitif, andal, dan responsif, serta merekomendasikan perluasan cakupan wilayah, perbandingan lintas platform, dan penggunaan desain longitudinal dalam studi lanjutan.

Item Type: Tugas Akhir / Tesis (Masters (S-2))
Subjects: Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Informatika > Program Studi S-2 Teknologi Informasi
Depositing User: Adi Kurniawan
Date Deposited: 22 Sep 2025 10:31
Last Modified: 22 Sep 2025 11:57
URI: https://repository.mikroskil.ac.id/id/eprint/4267

Actions (login required)

View Item
View Item