KHENDI and FACHRAGIL IDRUS and DENNY KRISTIAN SILABAN (2025) EVALUASI USABILITY APLIKASI M2U MAYBANK MENGGUNAKAN SYSTEM USABILITY SCALE (SUS). Undergraduate (S-1) thesis, Universitas Mikroskil.
![[thumbnail of BAGIAN AWAL.pdf]](https://repository.mikroskil.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAGIAN AWAL.pdf
Download (7MB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.mikroskil.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.mikroskil.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Download (4MB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.mikroskil.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
![[thumbnail of BAGIAN AKHIR.pdf]](https://repository.mikroskil.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAGIAN AKHIR.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi tingkat usability aplikasi M2U Maybank yang digunakan oleh nasabah di wilayah Kota Medan. Permasalahan utama dalam penelitian ini mencakup kesulitan saat Login, lambatnya respon aplikasi, serta antarmuka yang kurang disukai oleh sebagian pengguna. Evaluasi dilakukan dengan menggunakan metode System Usability Scale (SUS), yang melibatkan sepuluh pernyataan. Data dikumpulkan melalui kuesioner online kepada 100 responden yang telah disaring melalui validasi berlapis untuk memastikan hanya pengguna aktif di Kota Medan yang dianalisis. Data yang valid kemudian diuji menggunakan korelasi Pearson untuk mengukur validitas dan Cronbach’s Alpha untuk reliabilitas instrumen. Hasil analisis menunjukkan bahwa instrumen yang digunakan valid dan reliabel, serta rata-rata skor SUS aplikasi M2U Maybank berada pada angka 58. Berdasarkan interpretasi SUS, nilai ini berada pada kategori marginal, yang berarti aplikasi masih dapat diterima namun belum optimal. Hasil ini menunjukkan perlunya peningkatan dalam aspek antarmuka, navigasi, dan dukungan teknis. Penelitian ini menekankan pentingnya evaluasi usability dalam pengembangan aplikasi perbankan digital untuk meningkatkan kenyamanan dan kepuasan pengguna.
Item Type: | Tugas Akhir / Tesis (Undergraduate (S-1)) |
---|---|
Subjects: | Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Informatika > Program Studi S-1 Teknik Informatika |
Depositing User: | Adi Kurniawan |
Date Deposited: | 19 Sep 2025 03:34 |
Last Modified: | 19 Sep 2025 03:34 |
URI: | https://repository.mikroskil.ac.id/id/eprint/4259 |