EDY GUNAWAN (2025) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASIONAL MELALUI PEMROGRAMAN VISUAL PADA ANAK USIA 9-10 TAHUN. Masters (S-2) thesis, Universitas Mikroskil.
![[thumbnail of BAGIAN AWAL.pdf]](https://repository.mikroskil.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAGIAN AWAL.pdf
Download (5MB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.mikroskil.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.mikroskil.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Download (5MB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.mikroskil.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
![[thumbnail of BAGIAN AKHIR.pdf]](https://repository.mikroskil.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAGIAN AKHIR.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi analisis Kemampuan Berpikir Komputasional melalui Visual Programming Language (VPL) pada anak usia 9-10 tahun di Sekolah Dasar (SD). Latar belakang penelitian ini berkaitan dengan pentingnya pengenalan CT sebagai keterampilan dasar di era revolusi digital, serta tantangan dalam penerapan pembelajaran berbasis VPL di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan campuran (Mixed Methods Research) dengan desain eksperimen kuasi dan studi kasus, serta evaluasi berbasis rubrik CT yang meliputi dekomposisi, abstraksi, pengenalan pola, dan algoritma. Subjek penelitian adalah 40 siswa kelas 4 SD Swasta Dharma Bakti Lubuk Pakam yang menggunakan Scratch sebagai platform VPL untuk menyelesaikan proyek berbasis pemrograman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan VPL dapat meningkatkan keterampilan berpikir komputasi siswa, khususnya dalam aspek dekomposisi dan penyusunan algoritma. Faktor-faktor seperti kesiapan guru dan keterbatasan sumber daya teknologi juga memengaruhi efektivitas implementasi VPL. Temuan ini penting untuk merancang kurikulum berbasis VPL yang efektif guna mempersiapkan generasi muda dalam menghadapi perkembangan teknologi di masa depan. Penelitian ini bersifat studi kasus dan tidak digeneralisasi.
Item Type: | Tugas Akhir / Tesis (Masters (S-2)) |
---|---|
Subjects: | Teknologi Informasi |
Divisions: | Fakultas Informatika > Program Studi S-2 Teknologi Informasi |
Depositing User: | Adi Kurniawan |
Date Deposited: | 19 Sep 2025 02:42 |
Last Modified: | 19 Sep 2025 03:39 |
URI: | https://repository.mikroskil.ac.id/id/eprint/4254 |