DINDA AMELIA and YOLITHA STEFFANIE SUNDAH and YOLANDAGABRIELLA SUNDAH (2025) PENGARUH LIVE STREAMING, FLASH SALE DAN REVIEW PRODUK TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN MELALUI KEPUASAAN PELANGGAN GENERASI Z PADA E-COMMERCE SHOPEE DI KOTAMEDAN. Undergraduate (S-1) thesis, Universitas Mikroskil.
![[thumbnail of BAGIAN AWAL.pdf]](https://repository.mikroskil.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAGIAN AWAL.pdf
Download (9MB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.mikroskil.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (5MB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.mikroskil.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Download (13MB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.mikroskil.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
![[thumbnail of BAGIAN AKHIR.pdf]](https://repository.mikroskil.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAGIAN AKHIR.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh live streaming, flash sale, dan review produk terhadap peningkatan penjualan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening pada pengguna Shopee dari kalangan Generasi Z di Kota Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 400 responden, yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner secara online melalui Google Form. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode Partial Least Square-Structural Equation Modelling melalui bantuan aplikasi SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa live streaming berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan penjualan dan kepuasan pelanggan, baik secara langsung maupun tidak langsung. Flash sale tidak berpengaruh signifikan terhadap peningkatan penjualan, namun berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Sementara itu, review produk tidak berpengaruh signifikan secara langsung terhadap kepuasan pelanggan, namun berpengaruh signifikan secara tidak langsung melalui peningkatan penjualan sebagai Variabel intervening. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi (RSquare), diketahui bahwa peningkatan penjualan dapat dijelaskan oleh live streaming, flash sale, dan review produk sebesar 83,7%, sedangkan kepuasan pelanggan dapat dijelaskan oleh variablevariabel tersebut sebesar 73,8%.
Item Type: | Tugas Akhir / Tesis (Undergraduate (S-1)) |
---|---|
Subjects: | Manajemen |
Divisions: | Fakultas Bisnis > Program Studi S-1 Manajemen |
Depositing User: | Adi Kurniawan |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 10:49 |
Last Modified: | 12 Sep 2025 12:02 |
URI: | https://repository.mikroskil.ac.id/id/eprint/4213 |