MARKUS F WILHATMAN SITUMORANG and PUTRI YOSEFHINE BR SITUMORANG and YUSUP (2024) EVALUASI PENGALAMAN PENGGUNA DAN USABILITAS PADA APLIKASI SHOPEEPAY DENGAN METODE UEQ-SF DAN SUS. Undergraduate (S-1) thesis, Universitas Mikroskil.
![[thumbnail of BAGIAN AWAL.pdf]](https://repository.mikroskil.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAGIAN AWAL.pdf
Download (10MB)
![[thumbnail of BAB I .pdf]](https://repository.mikroskil.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I .pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB II .pdf]](https://repository.mikroskil.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II .pdf
Download (8MB)
![[thumbnail of BAB III .pdf]](https://repository.mikroskil.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III .pdf
Restricted to Registered users only
Download (53MB)
![[thumbnail of BAGIAN AKHIR.pdf]](https://repository.mikroskil.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAGIAN AKHIR.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini mengevaluasi pengalaman pengguna dan usabilitas pada aplikasi layanan uang digital ShopeePay menggunakan metode UEQ-SF dan SUS. UEQ-SF digunakan untuk mengukur aspek pengalaman pengguna seperti mendukung, sederhana, efisien, jelas, mengasyikkan, menarik, berdaya cipta, dan terdepan. Sementara SUS mengevaluasi usabilitas aplikasi ShopeePay melalui penilaian kemudahan penggunaan dan kepuasan pengguna. Melalui analisis data, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner secara online kepada 524 responden. Data kemudian diolah dengan analisis statistik deskriptif menggunakan UEQ-SF Data Analysis Tools untuk membandingkan penilaian pengalaman pengguna ShopeePay. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode UEQ-SF, pengguna mengekspresikan tingkat kepuasan yang tinggi terhadap kegunaan ShopeePay. Di sisi lain melalui SUS, data diuji dengan SPSS Tool dan di olah menggunakan Microsoft Excel dengan aturan perhitungan. Hasil penelitian menunjukkan usabilitas pengguna dalam berbagai fitur dan interaksi ShopeePay memiliki tingkat yang bervariasi, menunjukkan pola perilaku yang beragam dalam usabilitas pengguna. Temuan penelitian ini memberikan pandangan yang jelas untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan usabilitas dalam aplikasi ShopeePay.
Item Type: | Tugas Akhir / Tesis (Undergraduate (S-1)) |
---|---|
Subjects: | Sistem Informasi |
Divisions: | Fakultas Informatika > Program Studi S-1 Sistem Informasi |
Depositing User: | Rospi Marlena |
Date Deposited: | 16 Aug 2024 10:19 |
Last Modified: | 16 Aug 2024 10:19 |
URI: | https://repository.mikroskil.ac.id/id/eprint/3556 |