ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KEBERLANJUTAN PENGGUNAAN APLIKASI SHOPEE DENGAN METODE EXPECTATION CONFIRMATION MODEL

ANDREW HALIM and ROBERT KURNIAWAN (2023) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KEBERLANJUTAN PENGGUNAAN APLIKASI SHOPEE DENGAN METODE EXPECTATION CONFIRMATION MODEL. Undergraduate (S-1) thesis, Universitas Mikroskil.

[thumbnail of BAGIAN AWAL.pdf] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (10MB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[thumbnail of BAGIAN AKHIR.pdf] Text
BAGIAN AKHIR.pdf

Download (2MB)

Abstract

Shopee merupakan platform m-commerce yang diluncurkan pada tahun 2015 di bawah naungan SEA Group yang merupakan salah satu perusahaan teknologi terbesar di asia tenggara. Berdasarkan hal tersebut maka memahami faktor continuance intention merupakan hal yang penting bagi keberlangsungan jangka panjang suatu aplikasi. Expectation Confirmation Model digunakan pada penelitian untuk mengetahui faktor-faktor keberlangsung penggunaan aplikasi Shopee. Dalam memprediksi dan menjelaskan niat pengguna untuk terus menggunakan teknologi informasi, Expectation Confirmation Model didukung oleh tiga variabel yaitu perceived usefullness, confirmation, dan statisfaction. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa survei menggunakan kuesioner. Populasi pada penelitian ini, yaitu mahasiswa dan mahasiswi Jurusan Sistem Informasi Universitas Mikroskil dengan rentang semester 1 hingga semester 8. Adapun metode penentuan jumlah sampel pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode Slovin. Terdapat 277 responden dari total populasi yang menjadi sampel didalam penelitian ini. Pengujian dilakukan dengan menggunakan software SPSS versi 26. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa variabel Confirmation pengaruh yang positif dan signifikan, baik terhadap perceived usefulness maupun satisfaction, selain itu variabel perceived usefulness pengaruh yang positif dan signifikan, baik terhadap satisfaction maupun continuance intention, serta variabel satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap continuance Intention dalam penggunaan aplikasi Shopee.

Item Type: Tugas Akhir / Tesis (Undergraduate (S-1))
Subjects: Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Informatika > Program Studi S-1 Sistem Informasi
Depositing User: Rospi Marlena
Date Deposited: 25 Sep 2023 10:39
Last Modified: 25 Sep 2023 10:39
URI: https://repository.mikroskil.ac.id/id/eprint/3283

Actions (login required)

View Item
View Item