PEMANFAATAN ANALISIS SENTIMEN DARI ULASAN PRODUK DI YOUTUBE UNTUK PENGEMBANGAN PRODUK BARU

RICKY PAIAN LIMBONG (2023) PEMANFAATAN ANALISIS SENTIMEN DARI ULASAN PRODUK DI YOUTUBE UNTUK PENGEMBANGAN PRODUK BARU. Masters (S-2) thesis, Universitas Mikroskil.

[thumbnail of BAGIAN AWAL.pdf] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (9MB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[thumbnail of BAGIAN AKHIR.pdf] Text
BAGIAN AKHIR.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pengembangan produk yang sukses memerlukan pemahaman tentang kebutuhan dan preferensi pelanggan. Analisis sentimen telah muncul sebagai alat yang dapat mengumpulkan pendapat dari pelanggan dalam mengembangkan yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pemanfaatan analisis sentimen dari ulasan produk di YouTube dalam rangka pengembangan produk baru. Dengan menganalisis konten yang dibuat oleh pengguna, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan informasi berupa prioritas fitur produk. Metode penelitian meliputi pengumpulan dan prapemrosesan data ulasan produk dari platform YouTube, dengan menerapkan teknik pemrosesan teks seperti case folding, penghilangan kata yang tidak relevan, tokenisasi, dan stemming. Analisis sentimen dilakukan menggunakan metode Support Vector Machine (SVM) untuk mengklasifikasikan sentimen yang diekspresikan dalam ulasan tersebut. model yang telah dilatih kemudian digunakan untuk memprediksi dan memberi label sentimen pada ulasan produk baru. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa analisis sentimen dapat membantu proses pengembangan produk baru dengan memperhatikan prioritas fitur produk yang memiliki kekurangan. Pendekatan ini memungkinkan perusahaan untuk memahami kebutuhan pelanggan, membuat keputusan yang tepat dalam memberikan fokus untuk peningkatan fitur produk untuk perilisan selanjutnya. Integrasi analisis sentimen dalam proses pengembangan produk baru dapat memanfaatkan opini konsumen untuk merilis produk yang lebih baik.

Item Type: Tugas Akhir / Tesis (Masters (S-2))
Subjects: Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Informatika > Program Studi S-2 Teknologi Informasi
Depositing User: Anwar Fauzi Ritonga
Date Deposited: 07 Sep 2023 06:45
Last Modified: 07 Sep 2023 06:45
URI: https://repository.mikroskil.ac.id/id/eprint/3090

Actions (login required)

View Item
View Item