ANALISIS KESUKSESAN PENERAPAN HOSPITAL INFORMATION SYSTEM (HIS) DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DELONE AND MCLEAN STUDI KASUS RS. SANTA ELISABET

INDAH PRISKILA BUTAR-BUTAR (2017) ANALISIS KESUKSESAN PENERAPAN HOSPITAL INFORMATION SYSTEM (HIS) DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DELONE AND MCLEAN STUDI KASUS RS. SANTA ELISABET. Undergraduate (S-1) thesis, Universitas Mikroskil.

[thumbnail of BAGIAN AWAL.pdf] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of BAGIAN AKHIR.pdf] Text
BAGIAN AKHIR.pdf

Download (875kB)

Abstract

Penelitan ini dilakukan dengan menggunakan model kesuksesan sistem informasi Delone dan Mclean tahun 2003 dengan mengambil variabel kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, kepuasan pengguna dan manfaat bersih. Analisis dilakukan di RS.Santa Elisabeth yang telah mengimplementasi Hospital Information System (HIS). Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden penelitian yaitu 50 orang pengguna HIS. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Analisis data menggunakan analisis jalur. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu: kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas layanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna. kepuasan pengguna berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap manfaat bersih. kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap manfaat bersih yang dimediasi oleh kepuasan pengguna. Berdasarkan analisis jalur dari penelitian membuktikan bahwa secara parsial kualitas sistem dan kualitas layanan tidak berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pengguna sedangkan kualitas informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna. kepuasan pengguna berpengaruh positif dan signifikan terhadap manfaat bersih. Kualitas sistem dan kualitas informasi tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap manfaat bersih dan tidak memiliki efek mediasi oleh kepuasan pengguna. Sedangkan kualitas layanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap manfaat bersih yang memiliki efek mediasi oleh kepuasan pengguna.

Item Type: Tugas Akhir / Tesis (Undergraduate (S-1))
Subjects: Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Informatika > Program Studi S-1 Sistem Informasi
Depositing User: Rospi Marlena
Date Deposited: 17 Apr 2023 07:40
Last Modified: 17 Apr 2023 07:40
URI: https://repository.mikroskil.ac.id/id/eprint/2284

Actions (login required)

View Item
View Item