ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PENGGUNA PORTAL AKADEMIK PADA UNIVERSITAS HARAPAN MEDAN

JOHANNES MANURUNG and ADE IRMA MEDYATI SITUMORANG (2018) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PENGGUNA PORTAL AKADEMIK PADA UNIVERSITAS HARAPAN MEDAN. Undergraduate (S-1) thesis, Universitas Mikroskil.

[thumbnail of BAGIAN AWAL.pdf] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[thumbnail of BAGIAN AKHIR.pdf] Text
BAGIAN AKHIR.pdf

Download (813kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan replikasi penelitian yang dilakukan oleh Seddon dan Kiew (1996) dalam pengembangan sistem informasi Portal Akademik pada Universitas Harapan Medan dengan mengambil beberapa variabel yang diperlukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh pentingnya sistem, kualitas sistem, kualitas informasi, terhadap kegunaan, dan kepuasan pengguna sistem informasi portal akademik pada Universitas Harapan Medan. Variabel-variabel tersebut merupakan beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kesuksesan sistem informasi portal akademik pada Universitas Harapan Medan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Harapan Medan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dengan menggunakan rumus slovin yaitu 92 mahasiswa dari jumlah populasi 1122, dari pengambilan besaran sampel dengan instrumen pengambilan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan teknik analisis yang digunakan yaitu analisis jalur. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu pentingnya sistem, kualitas sistem, kualitas informasi secara parsial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kegunaan dan kepuasan pengguna. Adapun hasil penelitian adalah Pentingnya sistem berpengaruh positif dan siginifikan terhadap kegunaan sistem. Kualitas informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kegunaan sistem. Kualitas sistem tidak berpengaruh dan tidak siginifikan terhadap kepuasan pengguna. Pentingnya sistem tidak berpengaruh dan tidak siginifikan terhadap kepuasan pengguna. Kualitas sistem berpengaruh positif dan signifikan terhadap kegunaan sistem. Kualitas informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna. Kegunaan sistem berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna.

Item Type: Tugas Akhir / Tesis (Undergraduate (S-1))
Subjects: Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Informatika > Program Studi S-1 Sistem Informasi
Depositing User: Adi Kurniawan
Date Deposited: 13 Apr 2023 04:53
Last Modified: 13 Apr 2023 04:53
URI: https://repository.mikroskil.ac.id/id/eprint/2193

Actions (login required)

View Item
View Item