PENGUKURAN USER EXPERIENCE APLIKASI MOBILE LAYANAN VIDIO ON DEMAND STREAMING “VIU” DENGAN MENGGUNAKAN METODE meCUE 2.0

NELLY SARTIKA LUMBAN GAOL and ANDIKA PURBA (2020) PENGUKURAN USER EXPERIENCE APLIKASI MOBILE LAYANAN VIDIO ON DEMAND STREAMING “VIU” DENGAN MENGGUNAKAN METODE meCUE 2.0. Undergraduate (S-1) thesis, Universitas Mikroskil.

[thumbnail of BAGIAN AWAL .pdf] Text
BAGIAN AWAL .pdf

Download (7MB)
[thumbnail of BAB I .pdf] Text
BAB I .pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II .pdf] Text
BAB II .pdf

Download (7MB)
[thumbnail of BAB III .pdf] Text
BAB III .pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)
[thumbnail of BAGIAN AKHIR .pdf] Text
BAGIAN AKHIR .pdf

Download (411kB)

Abstract

VIU adalah layanan video over-the-top (OTT) yang dioperasikan oleh PCCW Media, anak perusahan PCCW. Debutnya di Hong Kong, VIU meyediakan drama asia, program variasi, anime dan berita hiburan. Berdasarkan hasil observasi penelitian terhadap penilaian aplikasi VIU pada playstore, masih ada tanggapan sebagian pengguna yang belum puas terhadap penggunaan aplikasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengukuran user experience dengan menggunakan metode meCUE 2.0 yang memiliki 5 modul dengan 10 Instrument penilaian, yaitu: Modul I (Preception of Instrumental Qualities), Modul II (Preception of Non-Instrumental Qualities, Modul III (Emotions), Modul IV (Consequences), Modul V (Overall evaluation). Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner online dengan alat bantu google form berdasarkan meCUE kepada 100 responden dengan Instrument penilaian yaitu Kegunaan (Usefulness) dengan nilai rata-rata 3.90 , Kegunaan (Usability) dengan nilai rata- rata 5.33 , Estetika visual (Visual Aesthetics ) nilai rata-rata adalah 4.32 , Status (Status) nilai rata-rata adalah 4.02, Komitmen (Commitment) nilai rata-rata adalah 4.92, Emosi Positif (Positive emotions) nilai rata-rata adalah 4.34, Emosi Negatif (Negative emotions) nilai rata-rata adalah 3.37 , Niat untuk menggunakan (Intention to use) nilai rata-rata adalah 3.25, Loyalitas produk (Product Loyalty) nilai rata-rata adalah3.73 ,Evaluasi keseluruhan (Overall Evaluation) nilai rata-rata adalah 3.3. Dapat disimpulkan bahwa aplikasi mobile layanan video on demand streaming VIU dengan menggunakan metode meCUE penilaiannya menunjukan hasil yang positif untuk sepuluh Instrument penilaiannya dinyatakan “cukup baik”

Item Type: Tugas Akhir / Tesis (Undergraduate (S-1))
Subjects: Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Informatika > Program Studi S-1 Sistem Informasi
Depositing User: Rospi Marlena
Date Deposited: 14 Feb 2023 12:22
Last Modified: 14 Feb 2023 12:22
URI: https://repository.mikroskil.ac.id/id/eprint/1376

Actions (login required)

View Item
View Item