ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TRANSFER PRICING DENGAN MEKANISME BONUS SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2014-2018

HANIYAH DWI PRATIWI and HANATASIA LAURINA NAIBAHO (2020) ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TRANSFER PRICING DENGAN MEKANISME BONUS SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2014-2018. Undergraduate (S-1) thesis, Universitas Mikroskil.

[thumbnail of BAGIAN AWAL.pdf] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (13MB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[thumbnail of BAGIAN AKHIR.pdf] Text
BAGIAN AKHIR.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh pajak, tunneling incentive, profitabilitas, ukuran perusahaan, dan exchange rate terhadap transfer pricing dengan mekanisme bonus sebagai variabel moderasi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 172 perusahaan. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling dan diperoleh sebanyak 34 perusahaan sampel sebagai objek penelitian. Data penelitian diperoleh dari laporan keuangan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018. Model analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dan uji nilai selisih mutlak. Hasil analisis menunjukkan secara simultan variabel pajak, tunneling incentive, profitabilitas, ukuran perusahaan, dan exchange rate memiliki pengaruh terhadap transfer pricing. Secara parsial, variabel ukuran perusahaan memiliki pengaruh positif terhadap transfer pricing. Sedangkan variabel pajak, tunneling incentive, profitabilitas, dan exchange rate tidak memiliki pengaruh terhadap transfer pricing. Hasil pengujian moderasi menunjukkan bahwa mekanisme bonus mampu memoderasi hubungan profitabilitas terhadap transfer pricing. Sedangkan hasil pengujian moderasi menunjukkan bahwa mekanisme bonus tidak mampu memoderasi hubungan pajak tunneling incentive, ukuran perusahaan, dan exchange rate terhadap transfer pricing.

Item Type: Tugas Akhir / Tesis (Undergraduate (S-1))
Subjects: Akuntansi
Divisions: Fakultas Bisnis > Program Studi S-1 Akuntansi
Depositing User: Merpita Saragih
Date Deposited: 04 Feb 2023 06:47
Last Modified: 04 Feb 2023 06:47
URI: https://repository.mikroskil.ac.id/id/eprint/1153

Actions (login required)

View Item
View Item