PENGUKURAN KUALITAS LAYANAN PEMESANAN HOTEL PADA APLIKASI ‘OYO’ DAN ‘REDDOORZ’ DENGAN MENGGUNAKAN SYSTEM USABILITY SCALE

JEFFRY TANJAYA and NOVIA TIA HELPIRA BATUBARA and ARIJEF BRAM SINURAYA (2021) PENGUKURAN KUALITAS LAYANAN PEMESANAN HOTEL PADA APLIKASI ‘OYO’ DAN ‘REDDOORZ’ DENGAN MENGGUNAKAN SYSTEM USABILITY SCALE. Undergraduate (S-1) thesis, Universitas Mikroskil.

[thumbnail of BAGIAN AWAL.pdf] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)
[thumbnail of BAGIAN AKHIR.pdf] Text
BAGIAN AKHIR.pdf

Download (901kB)

Abstract

Perhotelan merupakan industri jasa akomodasi yang mempunyai beberapa pelayanan, kenyamanan dan fasilitas akomodasi yang dibutuhkan bagi setiap orang yang membutuhkan fasilitas akomodasi untuk keluarga atau liburan. Industri jasa akomodasi ini merupakan suatu bisnis yang memanfaatkan waktu senggang selama liburan, perjalanan bisnis, hingga acara perjamuan dan pertemuan setiap orang. Melalui aplikasi reservasi hotel “OYO” dan “RedDoorz” setiap orang dapat dengan mudah memesan kamar hotel secara online dibandingkan dengan aplikasi lain, mulai dari harga, langkah pengisian data yang diminta hingga pembayaran dan pembatalan. Saat ini, pengguna sudah bisa mengunggah aplikasi “OYO” dan “RedDoorz” di Google Play Store dan Apple Appstore. Usability adalah sejauh mana kelayakan sistem didasarkan pada tingkat tertentu pada efektivitas, efisiensi dan kepuasan. Pentingnya usability dalam mengukur kualitas kelayakan sistem telah menghasilkan beberapa metode pengujian. Penelitian ini dilakukan menganalisis dan mengetahui fitur aplikasi apa saja yang sudah baik atau yang masih perlu melakukan perbaikan. Penelitian ini menggunakan metode pengujian tersebut adalah karena metode SUS. hasil penelitian yang telah dilakukan adalah 49,25 pada “OYO” dan 49,325 pada “RedDoorz”. Hal ini menunjukkan bahwa aplikasi "OYO" dan “RedDoorz” sebagai produk aplikasi yang belum dapat membantu pengguna menyelesaikan tugas yaitu pemesanan kamar hotel yang diharapkan pengguna masih belum diterima oleh pengguna.

Item Type: Tugas Akhir / Tesis (Undergraduate (S-1))
Subjects: Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Informatika > Program Studi S-1 Sistem Informasi
Depositing User: Rospi Marlena
Date Deposited: 27 Jan 2023 10:07
Last Modified: 27 Jan 2023 10:07
URI: https://repository.mikroskil.ac.id/id/eprint/948

Actions (login required)

View Item
View Item