ALPIN ANDERSON NAINGGOLAN and RAUL ALEXANDER STANKOVIC and FIKRI DWI RAMADHANDI SARAGIH (2025) RANCANG BANGUN APLIKASI PENYULUHAN UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN TENTANG RISIKO JUDI ONLINE. Undergraduate (S-1) thesis, Universitas Mikroskil.
![[thumbnail of BAGIAN AWAL.pdf]](https://repository.mikroskil.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAGIAN AWAL.pdf
Download (9MB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.mikroskil.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.mikroskil.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Download (6MB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.mikroskil.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (8MB)
![[thumbnail of BAGIAN AKHIR.pdf]](https://repository.mikroskil.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAGIAN AKHIR.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya judi online di Indonesia dan kurangnya media edukasi interaktif untuk meningkatkan kesadaran akan risikonya. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan membangun sebuah aplikasi simulasi permainan slot berbasis Android yang diberi nama "Slot Simulation" sebagai alat edukasi preventif. Pengembangan aplikasi ini menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC) dan mengimplementasikan algoritma Random Number Generator (RNG) yang dapat dikontrol oleh pengguna. Aplikasi ini dilengkapi fitur unik di mana pengguna dapat secara manual mengatur parameter seperti persentase kemenangan, jumlah spin minimum sebelum menang, dan probabilitas kemunculan simbol melalui menu settings, sehingga dapat secara langsung merasakan bagaimana sistem perjudian dimanipulasi. Pengujian fungsionalitas dilakukan dengan metode black-box testing, sementara pengujian probabilitas dilakukan untuk memvalidasi algoritma yang diimplementasikan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa seluruh fitur aplikasi berfungsi sesuai harapan dan mekanisme pengaturan probabilitas berjalan dengan akurat dan konsisten di berbagai skenario. Dengan demikian, penelitian ini berhasil menghasilkan sebuah platform edukatif inovatif yang dapat meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai bahaya dan cara kerja sistem judi online melalui pengalaman simulasi yang aman dan terkontrol.
Item Type: | Tugas Akhir / Tesis (Undergraduate (S-1)) |
---|---|
Subjects: | Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Informatika > Program Studi S-1 Teknik Informatika |
Depositing User: | Adi Kurniawan |
Date Deposited: | 13 Sep 2025 02:27 |
Last Modified: | 13 Sep 2025 02:27 |
URI: | https://repository.mikroskil.ac.id/id/eprint/4245 |