MENERAPKAN COMPUTATIONAL THINKING DENGAN PYTHON PADA SMA MAITREYAWIRA KIRASAN

HERU KURNIAWAN and GUNAWAN and KELVIN and RICHE and SIO JURNALIS PIPIN (2025) MENERAPKAN COMPUTATIONAL THINKING DENGAN PYTHON PADA SMA MAITREYAWIRA KIRASAN. SELAPARANG : JURNAL PENGABDIAN MASYARKAT BERKEMAJUAN, 9 (2). pp. 497-504. ISSN 2614-526X

Full text not available from this repository.

Abstract

Computational thinking adalah proses berpikir yang melibatkan penyelesaian masalah yang digambarkan ke dalam konsep dasar ilmu komputer. Kegiatan PKM ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan logis serta meningkatkan kemampuan problem solving siswa dalam menyelesaikan contoh-contoh kasus selama proses pelatihan dengan cara Computational thinking. Dengan penerapan Computational Thinking, siswa dapat memahami konsep dasar kerja komputer dan menyelesaikan permasalahan berdasarkan data yang ada. SMA Swasta Maitreyawira Kisaran adalah sekolah menengah atas swasta yang berlokasi di Jalan Pramuka No.19 Kisaran, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode pelatihan terhadap 18 orang siswa dan 2 orang guru dalam menguasai keterampilan baru tentang berpikir secara komputasional serta pengetahuan baru tentang penerapan pemrograman dalam menyelesaikan permasalahan sederhana selama 2 hari pelatihan. Hasil pelatihan ini diukur menggunakan desain pretest-posttest yang dilakukan pada awal pelatihan dan juga diakhir pelatihan untuk melihat sejauh mana peningkatan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah sederhana. Perbandingan antara hasil pra-test dan post-test menunjukkan adanya peningkatan pada pemahaman peserta didik terhadap cara berpikir komputasional (Computational Thinking) yakni dari yang sebelumnya hanya rata-rata 42% menjadi 76%. Adapun indikator yang perlu ditingkatkan seperti pehamaman terhadap konsep abstraksi dan penyelesaian masalah dalam bentuk koding python, hal ini terlihat selama proses pelatihan dimana sejumlah siswa terlihat masih bingung dalam membuat abstraksi dari masalah yang ada dan juga bagaimana menuangkannya kedalam kode program sehingga perlu dilakukan upaya lebih lanjut untuk mencapai pemahaman yang lebih komprehensif.

Item Type: Article
Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) > Artikel > Fakultas Informatika
Depositing User: Anwar Fauzi Ritonga
Date Deposited: 10 Sep 2025 03:05
Last Modified: 10 Sep 2025 03:21
URI: https://repository.mikroskil.ac.id/id/eprint/4222

Actions (login required)

View Item
View Item