IMPLEMENTASI K-MEANS UNTUK SEGMENTASI PELANGGAN DALAM PENGEMBANGAN APLIKASI UNTUK TOKO ABC

ANDRI ANDRI and APRIYANTO HALIM and DIVONI WESLY and MARYA A. Y. SIHOMBING (2025) IMPLEMENTASI K-MEANS UNTUK SEGMENTASI PELANGGAN DALAM PENGEMBANGAN APLIKASI UNTUK TOKO ABC. SELAPARANG: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT BERKEMAJUAN, 9 (3). pp. 1238-1249. ISSN 2614-526X

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemerintah Indonesia mendorong akselerasi adopsi teknologi digital oleh UMKM agar tetap produktif. Toko ABC adalah salah satu UMKM yang bergerak dalam bidang distribusi suku cadang kendaraan bermotor. Tim PkM mengidentifikasi tiga masalah utama di toko ABC pada proses pembelian dan persediaan, dan lima masalah utama pada proses penjualan. Salah satu masalah utama pada proses penjualan adalah data pelanggan dan riwayat transaksi penjualan belum dimanfaatkan secara maksimal untuk melakukan segmentasi pelanggan. Tujuan dari kegiatan PkM ini adalah mengembangkan aplikasi melalui peningkatan fitur yang berfokus pada manajemen usaha inti toko. Aplikasi ini juga menerapkan K-Means untuk melakukan segmentasi pelanggan menggunakan model RFM. Analisis dan perancangan sistem menggunakan pendekatan design thinking yang terdiri dari 6 (enam) tahapan, dilanjutkan dengan konstruksi sistem, pengujian fungsionalitas, implementasi dan evaluasi aplikasi. Berdasarkan pengujian black-box dan pengujian kepuasan dengan nilai rata-rata sebesar 3.2 (interval Puas), maka PkM ini berhasil menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh mitra.

Item Type: Article
Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) > Artikel > Fakultas Informatika
Depositing User: Rospi Marlena
Date Deposited: 09 Sep 2025 07:43
Last Modified: 09 Sep 2025 07:43
URI: https://repository.mikroskil.ac.id/id/eprint/4209

Actions (login required)

View Item
View Item