EVALUASI KEBERHASILAN APLIKASI CAPCUT DALAM PEMBUATAN VIDEO PROMOSI PRODUK: PENDEKATAN DELONE AND MCLEAN

RICHE and SUMINAR ARIWIBOWO and SEGAR NAPITUPULU (2025) EVALUASI KEBERHASILAN APLIKASI CAPCUT DALAM PEMBUATAN VIDEO PROMOSI PRODUK: PENDEKATAN DELONE AND MCLEAN. JURNAL SAINS TEKNOLOGI DAN SISTEM INFORMASI, 5 (1). pp. 138-146. ISSN 2807–8152

Full text not available from this repository.

Abstract

CapCut merupakan aplikasi pengeditan video yang populer di kalangan anak muda karena keberagaman fitur dan kemudahan penggunaannya. Aplikasi ini banyak digunakan dalam pembuatan video promosi produk, namun masih terdapat beberapa keterbatasan yang dapat memengaruhi pengalaman pengguna. Beberapa kendala yang sering ditemui antara lain kompresi video saat diunggah dari PC, fitur yang mengalami bug, serta keterbatasan dalam penggunaan musik dari luar aplikasi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis fungsionalitas aplikasi CapCut dalam mendukung pembuatan video promosi menggunakan model DeLone and McLean. Pengumpulan data dilakukan secara onlinedengan metode purposive sampling, yang berfokus pada pelaku usaha online di Sumatera Utara. Jumlah total responden yang layak untuk dianalisis adalah 156 orang, sesuai dengan metode Slovin. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling -Partial Least Squares(SEM-PLS) dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas sistem dan tingkat penggunaan aplikasi CapCut memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna. Selain itu, kepuasan pengguna berkontribusi secara signifikan terhadap manfaat bersih yang diperoleh dari penggunaan aplikasi. Namun, hasil analisis juga menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi secara langsung tidak memberikan kontribusi signifikan terhadap manfaat bersih yang dirasakan pengguna. Temuan ini mengindikasikan bahwa peningkatan kualitas sistem dan pengalaman pengguna dapat menjadi faktor utama dalam meningkatkan manfaat aplikasi CapCut bagi pengguna dalam pembuatan video promosi produk.Kata Kunci: CapCut,DeLoneandMcLean,SEM-PLS,Fungsionalitas, Video Promosi.

Item Type: Article
Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) > Artikel > Fakultas Informatika
Depositing User: Anwar Fauzi Ritonga
Date Deposited: 09 Sep 2025 04:56
Last Modified: 09 Sep 2025 04:56
URI: https://repository.mikroskil.ac.id/id/eprint/4199

Actions (login required)

View Item
View Item