OPTIMALISASI PEMASARAN DIGITAL DALAM MENINGKATKAN ADOPSI PERANGKAT LUNAK PEMANTAU PRODUKTIVITAS PADA PT XYZ

ALI AKBAR LUBIS and SUMINAR ARIWIBOWO and RICHE (2025) OPTIMALISASI PEMASARAN DIGITAL DALAM MENINGKATKAN ADOPSI PERANGKAT LUNAK PEMANTAU PRODUKTIVITAS PADA PT XYZ. PAKMAS (JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 5 (1). pp. 304-313. ISSN 2808-0920

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada tahun 2019, tren kerja work-from-home atau remote working mulai diterapkan oleh beberapa perusahaan di Indonesia. Seiring dengan tren tersebut, muncul kebutuhan akan perangkat lunak yang dapat memantau kinerja karyawan jarak jauh, salah satunya adalah Aplikasi ABC. Untuk meningkatkan adopsi perangkat lunak ini, dilakukan strategi pemasaran digital yang berbasis observasi, di mana efektivitasnya dianalisis berdasarkan data yang diperoleh dari berbagai kanal pemasaran. Kegiatan PkMini berfokus pada beberapa strategi pemasaran onlineyang diterapkan untuk meningkatkan engagement,konversi, dan brand awareness.Target awal pemasaran digital adalah mencapai rasio engagement dan klik sebesar 5% dari total impresi. Namun, pada akhir tahun 2019, rasio yang dicapai hanya sebesar 2,35%, yang disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kurangnya brand awareness,desain iklan yang kurang menarik, serta headline yang belum mampu menarik perhatian target audiens.Selain itu, diharapkan terjadi peningkatan impression sebesar 10% per bulan dengan anggaran pemasaran kurang dari Rp 5.000.000 per bulan. Hasil analisis menunjukkan bahwa biaya iklan, SEO, dan kualitas konten landing page memiliki dampak signifikan terhadap pertumbuhan engagement dan konversi pengguna. Dari hasil kegiatan PkM ini, dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran digital yang lebih efektif memerlukan optimasi target audiens,peningkatan kualitas desain iklan, serta pemanfaatan kanal pemasaran yang lebih terarah. Selain itu, website dan landing page yang dioptimalkan dengan baik dapat meningkatkan tingkat retensi pelanggan serta mendukung keberhasilan akuisisi pengguna. Temuan ini dapat menjadi dasar dalam menyusun strategi pemasaran digital yang lebih efektif di masa mendatang.

Item Type: Article
Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) > Artikel > Fakultas Informatika
Depositing User: Anwar Fauzi Ritonga
Date Deposited: 09 Sep 2025 04:34
Last Modified: 09 Sep 2025 04:36
URI: https://repository.mikroskil.ac.id/id/eprint/4192

Actions (login required)

View Item
View Item