PENGEMBANGAN KARAKTER KEPEMIMPINAN OSIS SMA SWASTA PRIMBANA MEDAN MELALUI KONSEP PEMBELAJARAN OUTBOUND TRAINING

NASRUL EFENDI and HANNY SIAGIAN and MBAYAK GINTING and RAYU SRI WAHYUNI and EKUN MELKI MOZART SIREGAR (2025) PENGEMBANGAN KARAKTER KEPEMIMPINAN OSIS SMA SWASTA PRIMBANA MEDAN MELALUI KONSEP PEMBELAJARAN OUTBOUND TRAINING. MARTABE : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 8 (8). ISSN 2598-1226

Full text not available from this repository.

Abstract

Karakter sering disamakan dengan watak, kepribadian, dan sifat seseorang. Sebenarnya, karakter merupakan akumulasi dari ketiganya, yang terbentuk melalui proses belajar dan pengaruh lingkungan sekitar. Karakter seseorang biasanya tercermin dalam perilaku mereka, apakah itu positif atau negatif. Pendidikan formal dan informal memiliki peran penting dalam pembentukan karakter, terutama di abad ke-21 yang penuh dengan perubahan cepat dan kompleks. Sekolah, sebagai tempat pembelajaran, berperan besar dalam mengembangkan karakter siswa, baik dari segi kecerdasan, kepekaan hati, dan kesehatan fisik, yang diharapkan membentuk individu yang mandiri di masa depan. Di SMA Swasta Primbana, tantangan utama adalah membentuk karakter anggota OSIS yang dapat memimpin dengan baik. Beberapa masalah yang dihadapi meliputi kurangnya rasa tanggung jawab, semangat yang menurun, perbedaan persepsi, dan komunikasi yang buruk. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk melatih sikap kepemimpinan, seperti tanggung jawab dan toleransi, melalui metode pembelajaran berbasis permainan yang menyenangkan dan mudah dipahami. Keberhasilan kegiatan ini akan diukur menggunakan pendekatan quasi-experiment one-group pre-test dan post-test untuk mengetahui peningkatan pengetahuan peserta.

Item Type: Article
Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) > Artikel > Fakultas Bisnis
Depositing User: Anwar Fauzi Ritonga
Date Deposited: 09 Sep 2025 04:02
Last Modified: 09 Sep 2025 04:02
URI: https://repository.mikroskil.ac.id/id/eprint/4187

Actions (login required)

View Item
View Item