ANDREANI CAROLINE BARUS and SYAFIRA ULYA FIRZA and ABDUL AZIZ LUBIS and AGUSTINA and FANDI HALIM (2025) EDUKASI PERENCANAAN KEUANGAN BERBASIS GAMIFIKASI PADA SISWA MADRASAH ALIYAH. ABDI: JURNAL PENGABDIAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT, 7 (1). pp. 265-272. ISSN 2684-8570
Full text not available from this repository.Abstract
Rendahnya tingkat literasi keuangan di Indonesia, terutama pada Generasi Z, menjadi perhatian utama dalam pengabdian ini. Berdasarkan data Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) tahun 2022, terdapat kesenjangan yang signifikan antara tingkat literasi keuangan (49,68%) dan inklusi keuangan (85,10%). Minimnya sosialisasi dan edukasi menjadi faktor utama rendahnya pemahaman keuangan dasar pada masyarakat, khususnya generasi muda. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan bagi 30 siswa kelas XII Madrasah Aliyah Negeri Binjai melalui metode gamifikasi. Program ini mencakup edukasi terkait pengelolaan keuangan, investasi, perencanaan keuangan, serta simulasi bisnis menggunakan permainan Jack Milyarder. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari dengan pendekatan pre-test dan post-test untuk mengukur efektivitas pelatihan. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan pemahaman siswa dari 52,68% sebelum pelatihan menjadi 86,16% setelah pelatihan. Dengan demikian, program ini berhasil meningkatkan literasi keuangan siswa dan diharapkan dapat membentuk perilaku keuangan yang lebih bijak di masa depan.
Item Type: | Article |
---|---|
Divisions: | Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) > Artikel > Fakultas Bisnis |
Depositing User: | Anwar Fauzi Ritonga |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 03:19 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 03:19 |
URI: | https://repository.mikroskil.ac.id/id/eprint/4180 |