ANALISIS PENGARUH PENGALAMAN PENGGUNA TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA PADA APLIKASI DANA MENGGUNAKAN METODE UX HONEYCOMB

FERY WILSON MANURUNG and KENSYNC NAGATA and FARAH DILLA PUTRI NUR FAUZI (2025) ANALISIS PENGARUH PENGALAMAN PENGGUNA TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA PADA APLIKASI DANA MENGGUNAKAN METODE UX HONEYCOMB. Undergraduate (S-1) thesis, Universitas Mikroskil.

[thumbnail of BAGIAN AWAL.pdf] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (10MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (9MB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB)
[thumbnail of BAGIAN AKHIR.pdf] Text
BAGIAN AKHIR.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pengalaman pengguna terhadap tingkat kepuasan pengguna aplikasi DANA dengan menerapkan metode UX Honeycomb. Latar belakang penelitian didasarkan pada masih adanya keluhan dari pengguna, antara lain terkait aspek keamanan yang kurang optimal, prosedur klaim yang kompleks, respons layanan pelanggan yang lambat, serta terjadinya kegagalan transaksi yang berdampak pada pemotongan saldo secara sepihak. Meskipun aplikasi DANA memperoleh penilaian yang tinggi pada platform distribusi aplikasi, kondisi tersebut belum sepenuhnya merepresentasikan pengalaman pengguna yang ideal. Metode UX Honeycomb digunakan untuk mengevaluasi pengalaman pengguna melalui tujuh dimensi, yaitu: useful, usable, desirable, findable, accessible, credible, dan valuable, yang selanjutnya diklasifikasikan ke dalam tiga variabel utama: Use, Feel, dan Think. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui survei daring dengan teknik simple random sampling. Analisis data dilakukan dengan bantuan perangkat lunak SPSS melalui uji validitas, reliabilitas, regresi linier berganda, dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna dengan nilai Adjusted R Square sebesar 0,846. Temuan ini mengindikasikan bahwa pengalaman pengguna memiliki peran strategis dalam meningkatkan kepuasan terhadap layanan keuangan digital.

Item Type: Tugas Akhir / Tesis (Undergraduate (S-1))
Subjects: Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Informatika > Program Studi S-1 Sistem Informasi
Depositing User: Merpita Saragih
Date Deposited: 27 Aug 2025 03:38
Last Modified: 27 Aug 2025 03:38
URI: https://repository.mikroskil.ac.id/id/eprint/4169

Actions (login required)

View Item
View Item