EFATA SEPTIAN NABABAN and ELRICA (2025) ANALISIS PENGARUH PENGALAMAN PENGGUNA TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA PADA APLIKASI SHOPEEPAY MENGGUNAKAN METODE UX HONEYCOMB. Undergraduate (S-1) thesis, Universitas Mikroskil.
![[thumbnail of BAGIAN AWAL.pdf]](https://repository.mikroskil.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAGIAN AWAL.pdf
Download (6MB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.mikroskil.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.mikroskil.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Download (4MB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.mikroskil.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (10MB)
![[thumbnail of BAGIAN AKHIR.pdf]](https://repository.mikroskil.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAGIAN AKHIR.pdf
Download (836kB)
Abstract
Pertumbuhan pesat aplikasi dompet digital (e-wallet) di Indonesia, termasuk ShopeePay, diiringi dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan kepada pengguna. Di balik popularitas tersebut, masih ditemukan sejumlah permasalahan yang dikeluhkan pengguna, seperti antarmuka yang membingungkan, fitur yang tidak responsif, dan proses penarikan dana yang lambat. Permasalahan ini menunjukkan pentingnya evaluasi menyeluruh terhadap User experience untuk mengetahui sejauh mana hal tersebut memengaruhi kepuasan pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengalaman pengguna terhadap kepuasan pengguna aplikasi ShopeePay dengan menggunakan metode UX Honeycomb. Metode ini mencakup tujuh aspek utama: Usefulness, usability, desirability, findability, accessibility, credibility, dan value. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 423 pengguna aktif ShopeePay di Kota Medan, menggunakan teknik simple random sampling. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan dengan bantuan SPSS dan menunjukkan hasil yang sah. Hasil analisis regresi linier sederhana menunjukkan bahwa seluruh aspek UX Honeycomb berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna (nilai signifikansi < 0,05 dan t-hitung > t-tabel). Aspek Satisfaction memperoleh nilai rata-rata tertinggi, sementara aspek Think (Usefulness, credibility, dan value) cenderung paling rendah. Temuan ini menunjukkan bahwa peningkatan kualitas pengalaman pengguna, baik secara fungsional maupun emosional, dapat meningkatkan kepuasan pengguna secara menyeluruh. Penelitian ini dapat menjadi dasar bagi pengembang ShopeePay dalam melakukan perbaikan dan pengembangan layanan aplikasi.
Item Type: | Tugas Akhir / Tesis (Undergraduate (S-1)) |
---|---|
Subjects: | Sistem Informasi |
Divisions: | Fakultas Informatika > Program Studi S-1 Sistem Informasi |
Depositing User: | Merpita Saragih |
Date Deposited: | 25 Aug 2025 04:45 |
Last Modified: | 25 Aug 2025 04:45 |
URI: | https://repository.mikroskil.ac.id/id/eprint/4164 |