ANALISIS KUALITAS LAYANAN APLIKASI TOKOPEDIA DENGAN MODEL E-SERVQUAL DI WILAYAH KOTA MEDAN

FRADERIK NATA and ALBERT (2025) ANALISIS KUALITAS LAYANAN APLIKASI TOKOPEDIA DENGAN MODEL E-SERVQUAL DI WILAYAH KOTA MEDAN. Undergraduate (S-1) thesis, Universitas Mikroskil.

[thumbnail of BAGIAN AWAL.pdf] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[thumbnail of BAGIAN AKHIR.pdf] Text
BAGIAN AKHIR.pdf

Download (1MB)

Abstract

Meningkatnya perkembangan e-commerce di berbagai kota di Indonesia, termasuk Medan, telah meningkatkan permintaan akan kualitas layanan digital yang optimal. Platform ecommerce terkemuka Tokopedia harus melakukan penilaian kualitas layanan yang sistematis untuk mempertahankan loyalitas pengguna. Penelitian ini menyelidiki bagaimana ketujuh dimensi model E-SERVQUAL yaitu Efisiensi, Pemenuhan, Ketersediaan Sistem, Privasi, Ketanggapan, Kompensasi, dan Kontak mempengaruhi kepuasan dan loyalitas pengguna Tokopedia di Medan. Pendekatan penelitian kuantitatif diterapkan dengan menyebarkan kuesioner kepada 454 responden. Hasil analisis menunjukkan bahwa Efisiensi bersama dengan variabel Ketersediaan Sistem, Ketanggapan dan Kompensasi secara signifikan mempengaruhi tingkat kepuasan pengguna. Pemenuhan bersama dengan elemen Privasi dan Kontak gagal menunjukkan efek yang berarti. Kepuasan pengguna menunjukkan dampak yang baik terhadap loyalitas pengguna menurut penelitian ini. Studi ini merekomendasikan Tokopedia untuk memusatkan upaya peningkatan layanannya pada faktor-faktor signifikan yang akan meningkatkan Kepuasan pengguna dan loyalitas pengguna.

Item Type: Tugas Akhir / Tesis (Undergraduate (S-1))
Subjects: Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Informatika > Program Studi S-1 Sistem Informasi
Depositing User: Merpita Saragih
Date Deposited: 22 Aug 2025 07:26
Last Modified: 22 Aug 2025 07:26
URI: https://repository.mikroskil.ac.id/id/eprint/4154

Actions (login required)

View Item
View Item