FRADERIK NATA and ALBERT (2025) ANALISIS KUALITAS LAYANAN APLIKASI TOKOPEDIA DENGAN MODEL E-SERVQUAL DI WILAYAH KOTA MEDAN. Undergraduate (S-1) thesis, Universitas Mikroskil.
![[thumbnail of BAGIAN AWAL.pdf]](https://repository.mikroskil.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAGIAN AWAL.pdf
Download (6MB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.mikroskil.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.mikroskil.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Download (5MB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.mikroskil.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (6MB)
![[thumbnail of BAGIAN AKHIR.pdf]](https://repository.mikroskil.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAGIAN AKHIR.pdf
Download (1MB)
Abstract
Meningkatnya perkembangan e-commerce di berbagai kota di Indonesia, termasuk Medan, telah meningkatkan permintaan akan kualitas layanan digital yang optimal. Platform ecommerce terkemuka Tokopedia harus melakukan penilaian kualitas layanan yang sistematis untuk mempertahankan loyalitas pengguna. Penelitian ini menyelidiki bagaimana ketujuh dimensi model E-SERVQUAL yaitu Efisiensi, Pemenuhan, Ketersediaan Sistem, Privasi, Ketanggapan, Kompensasi, dan Kontak mempengaruhi kepuasan dan loyalitas pengguna Tokopedia di Medan. Pendekatan penelitian kuantitatif diterapkan dengan menyebarkan kuesioner kepada 454 responden. Hasil analisis menunjukkan bahwa Efisiensi bersama dengan variabel Ketersediaan Sistem, Ketanggapan dan Kompensasi secara signifikan mempengaruhi tingkat kepuasan pengguna. Pemenuhan bersama dengan elemen Privasi dan Kontak gagal menunjukkan efek yang berarti. Kepuasan pengguna menunjukkan dampak yang baik terhadap loyalitas pengguna menurut penelitian ini. Studi ini merekomendasikan Tokopedia untuk memusatkan upaya peningkatan layanannya pada faktor-faktor signifikan yang akan meningkatkan Kepuasan pengguna dan loyalitas pengguna.
Item Type: | Tugas Akhir / Tesis (Undergraduate (S-1)) |
---|---|
Subjects: | Sistem Informasi |
Divisions: | Fakultas Informatika > Program Studi S-1 Sistem Informasi |
Depositing User: | Merpita Saragih |
Date Deposited: | 22 Aug 2025 07:26 |
Last Modified: | 22 Aug 2025 07:26 |
URI: | https://repository.mikroskil.ac.id/id/eprint/4154 |