PENGUJIAN USABILITAS APLIKASI SNACKVIDEO DAN TIKTOK DENGAN PSSUQ DAN UMUX: EVALUASI KEGUNAAN DAN KEPUASAN PENGGUNA

EDO SIMAMORA and GAHRAL ALWIANSYAH and VINCENTE STEVE KUSMAN (2025) PENGUJIAN USABILITAS APLIKASI SNACKVIDEO DAN TIKTOK DENGAN PSSUQ DAN UMUX: EVALUASI KEGUNAAN DAN KEPUASAN PENGGUNA. Undergraduate (S-1) thesis, Universitas Mikroskil.

[thumbnail of BAGIAN AWAL.pdf] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (9MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[thumbnail of BAGIAN AKHIR.pdf] Text
BAGIAN AKHIR.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi mendorong penggunaan aplikasi media sosial berbasis video pendek seperti SnackVideo dan TikTok yang semakin populer di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kegunaan dan kepuasan pengguna terhadap kedua aplikasi tersebut menggunakan dua metode evaluasi usability, yaitu Post-Study System Usability Questionnaire (PSSUQ) dan Usability Metric for User Experience (UMUX). Data dikumpulkan melalui survei daring melalui Microsoft Form dengan penyebarannya melalui Whatsapp dan Instagram hingga di peroleh total 412 responden . Selanjutnya, data dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS untuk memperoleh hasil kuantitatif yang menggambarkan tingkat usabilitas aplikasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa skor rata-rata usabilitas pengguna berdasarkan metode PSSUQ adalah sebesar 2,15 untuk aplikasi SnackVideo dan 1,81 untuk aplikasi TikTok, yang jika dibandingkan dengan benchmark PSSUQ, berada di bawah nilai Lower Limit dan mengindikasikan bahwa tingkat usability kedua sistem lebih baik daripada standar rata-rata serta dapat dikategorikan memuaskan. Sementara itu, skor UMUX untuk aplikasi SnackVideo sebesar 24,12 dan TikTok sebesar 20,14. Kedua aplikasi tersebut termasuk dalam kategori “Not Acceptable” berdasarkan grade scale UMUX. Evaluasi ini memberikan masukan berharga bagi pengembang dalam meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan. Penelitian ini menegaskan pentingnya usability sebagai aspek utama dalam pengembangan aplikasi, terutama dalam memenuhi kebutuhan dan ekspektasi pengguna di era digital.

Item Type: Tugas Akhir / Tesis (Undergraduate (S-1))
Subjects: Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Informatika > Program Studi S-1 Sistem Informasi
Depositing User: Merpita Saragih
Date Deposited: 19 Aug 2025 06:24
Last Modified: 19 Aug 2025 06:24
URI: https://repository.mikroskil.ac.id/id/eprint/4126

Actions (login required)

View Item
View Item