JEREMIA SEMBIRING and MIFTA FAHMI and CHRISTIAN JANUARY P. MANALU (2025) PENGUKURAN USABILITY APLIKASI PLN MOBILE MENGGUNAKAN METODE SYSTEM USABILITY SCALE. Undergraduate (S-1) thesis, Universitas Mikroskil.
![[thumbnail of BAGIAN AWAL.pdf]](https://repository.mikroskil.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAGIAN AWAL.pdf
Download (7MB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.mikroskil.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.mikroskil.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Download (7MB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.mikroskil.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (8MB)
![[thumbnail of BAGIAN AKHIR.pdf]](https://repository.mikroskil.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAGIAN AKHIR.pdf
Download (1MB)
Abstract
PLN Mobile adalah aplikasi yang dibuat dan dikembangkan oleh PT. Perusahaan Listrik Negara (Persero) yang bertujuan memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses berbagai layanan kelistrikan. Aplikasi ini dirancang untuk memfasilitasi transaksi pembelian token listrik, pembayaran tagihan, pengajuan layanan baru, perubahan daya, penyampaian pengaduan, dan berbagai layanan lainnya secara digital dan efisien. PLN Mobile memiliki fitur utama untuk membeli token dan membayar tagihan dengan cepat, sehingga aplikasi ini memerlukan partisipasi masyarakat sebagai pengguna untuk memberikan umpan balik atau feedback, dengan tujuan agar dapat mengevaluasi masalah yang terdapat pada aplikasi PLN Mobile. Namun, dalam implementasinya, pengguna masih menghadapi sejumlah permasalahan, seperti respon aplikasi yang lambat, antarmuka yang kurang intuitif, informasi yang tidak disampaikan dengan jelas, hingga masalah teknis seperti aplikasi sering tertutup secara tiba-tiba (force close). Oleh karena itu tujuan proyek ini untuk menggambarkan nilai usability terhadap aplikasi. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode SUS dengan memberikan beberapa kuesioner yang terdiri dari 10 pertanyaan terkait aplikasi PLN Mobile kepada 98 responden. Dari penelitian tersebut didapatkan 5 rekomendasi dan saran untuk perbaikan di masa mendatang pada aplikasi PLN Mobile.
Item Type: | Tugas Akhir / Tesis (Undergraduate (S-1)) |
---|---|
Subjects: | Sistem Informasi |
Divisions: | Fakultas Informatika > Program Studi S-1 Sistem Informasi |
Depositing User: | Merpita Saragih |
Date Deposited: | 18 Aug 2025 07:59 |
Last Modified: | 18 Aug 2025 08:00 |
URI: | https://repository.mikroskil.ac.id/id/eprint/4122 |