PERANCANGAN DAN PENGEMBANGAN PORTAL AKADEMIK BERBASIS WEB PADA SMA WIYATA DHARMA

MELVIN LIE and STEPHANIE LOUIS and ALEX FEDERICO (2025) PERANCANGAN DAN PENGEMBANGAN PORTAL AKADEMIK BERBASIS WEB PADA SMA WIYATA DHARMA. Undergraduate (S-1) thesis, Universitas Mikroskil.

[thumbnail of BAGIAN AWAL.pdf] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (12MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44MB)
[thumbnail of BAGIAN AKHIR.pdf] Text
BAGIAN AKHIR.pdf

Download (1MB)

Abstract

SMA Wiyata Dharma merupakan salah satu institusi pendidikan yang hingga kini masih mengelola data nilai dengan menggunakan aplikasi Excel, pencatatan absensi yang masih menggunakan buku absensi, serta penyebaran berita dan jadwal pelajaran yang dilakukan dengan tempelan di kelas dan mading. Kurangnya dukungan sistem terpusat menyebabkan proses pengelolaan data menjadi kurang efisien dan berisiko menimbulkan keterlambatan dalam penyampaian informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah portal akademik berbasis website yang dapat mengintegrasikan seluruh data secara terpusat, sehingga mempermudah pengelolaan oleh pihak sekolah. Pengembangan sistem menggunakan metode Waterfall yang dilakukan secara bertahap, terstruktur, dan sistematis guna meminimalisir risiko kesalahan. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah rancangan website akademik yang mampu meningkatkan akurasi dan efisiensi dalam pengelolaan data. Sistem yang dibangun telah diuji menggunakan metode Black Box Testing dan terbukti berjalan sesuai dengan fungsionalitas yang diharapkan.

Item Type: Tugas Akhir / Tesis (Undergraduate (S-1))
Subjects: Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Informatika > Program Studi S-1 Teknik Informatika
Depositing User: Adi Kurniawan
Date Deposited: 14 Aug 2025 10:02
Last Modified: 14 Aug 2025 10:02
URI: https://repository.mikroskil.ac.id/id/eprint/4103

Actions (login required)

View Item
View Item