REZA SAPUTRA and VANIA YUSTIKA PANGGABEAN (2025) PENGARUH STRES KERJA, BEBAN KERJA, DAN KUALITAS TIDUR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA YANG SUDAH BEKERJA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA FAKULTAS BISNIS UNIVERSITAS MIKROSKIL. Undergraduate (S-1) thesis, Universitas Mikroskil.
![[thumbnail of BAGIAN AWAL.pdf]](https://repository.mikroskil.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAGIAN AWAL.pdf
Download (9MB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.mikroskil.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (4MB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.mikroskil.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Download (17MB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.mikroskil.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
![[thumbnail of BAGIAN AKHIR.pdf]](https://repository.mikroskil.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAGIAN AKHIR.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh stres kerja, beban kerja, dan kualitas tidur terhadap prestasi belajar mahasiswa yang sudah bekerja dengan motivasi belajar sebagai variabel mediasi pada Fakultas Bisnis Universitas Mikroskil. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik probability sampling dan menggunakan simple random sampling sebagai teknik pengambilan sampel dengan jumlah sampel sebanyak 167 responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SEM-PLS yang diolah dengan aplikasi SmartPLS 4.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa stres kerja tidak memiliki pengaruh langsung terhadap prestasi belajar, sedangkan beban kerja, kualitas tidur, dan motivasi belajar masing-masing memiliki pengaruh langsung terhadap prestasi belajar. Stres kerja, beban kerja, dan kualitas tidur masing-masing memiliki pengaruh langsung terhadap motivasi belajar. Melalui pengaruh tidak langsung, stres kerja, beban kerja, dan kualitas tidur masingmasing berpengaruh terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar. Hasil R-Square adjusted menjelaskan bahwa Prestasi belajar dipengaruhi oleh stres kerja, beban kerja, kualitas tidur, dan motivasi belajar sebesar 78,6% dan motivasi belajar dipengaruhi oleh stres kerja, beban kerja, dan kualitas tidur sebesar 58,1%
Item Type: | Tugas Akhir / Tesis (Undergraduate (S-1)) |
---|---|
Subjects: | Manajemen |
Divisions: | Fakultas Bisnis > Program Studi S-1 Manajemen |
Depositing User: | Adi Kurniawan |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 12:26 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 02:50 |
URI: | https://repository.mikroskil.ac.id/id/eprint/4079 |