CHERRY (2025) PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR DENGAN MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA SISWA SMP WIYATA DHARMA MEDAN. Undergraduate (S-1) thesis, Universitas Mikroskil.
![[thumbnail of BAGIAN AWAL.pdf]](https://repository.mikroskil.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAGIAN AWAL.pdf
Download (7MB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.mikroskil.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (4MB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.mikroskil.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Download (12MB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.mikroskil.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
![[thumbnail of BAGIAN AKHIR.pdf]](https://repository.mikroskil.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAGIAN AKHIR.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kompetensi guru dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar dengan motivasi belajar sebagai variabel intervening pada siswa SMP Wiyata Dharma Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 130 siswa yang dipilih melalui teknik proportionate stratified random sampling. Teknik analisis data menggunakan Structural Equation Modeling berbasis Partial Least Square (SEM-PLS) melalui aplikasi SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi guru dan fasilitas belajar secara langsung berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar. Selain itu, kompetensi guru dan fasilitas belajar juga berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Secara tidak langsung, kedua variabel tersebut turut memengaruhi hasil belajar melalui motivasi belajar sebagai variabel intervening. Hal ini menunjukkan pentingnya peran guru yang kompeten dan fasilitas belajar yang memadai dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Nilai Adjusted RSquare untuk hasil belajar sebesar 0,940 atau 94%, artinya kompetensi guru dan fasilitas belajar secara bersama-sama mampu menjelaskan 94% variasi dalam hasil belajar. Untuk motivasi belajar, nilai Adjusted R-Square sebesar 0,945 atau 94,5%.
Item Type: | Tugas Akhir / Tesis (Undergraduate (S-1)) |
---|---|
Subjects: | Manajemen |
Divisions: | Fakultas Bisnis > Program Studi S-1 Manajemen |
Depositing User: | Adi Kurniawan |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 10:22 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 10:22 |
URI: | https://repository.mikroskil.ac.id/id/eprint/4050 |