ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PERUSAHAAN NON KEUANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2014 – 2015

JESSICA and FEBRIAN ARISTIA ONGGO (2017) ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PERUSAHAAN NON KEUANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2014 – 2015. Undergraduate (S-1) thesis, Universitas Mikroskil.

[thumbnail of BAGIAN AWAL.pdf] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (11MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[thumbnail of BAGIAN AKHIR.pdf] Text
BAGIAN AKHIR.pdf

Download (995kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kebijakan utang, likuiditas, dan pertumbuhan penjualan yang mempengaruhi nilai perusahaan melalui profitabilitas pada perusahaan non keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014 – 2015. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua perusahaan non keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia untuk periode 2014 – 2015 (berjumlah 445 perusahaan). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh sebanyak 107 perusahaan yang menjadi objek penelitian. Analisis data menggunakan uji asumsi klasik dan regresi linier berganda. Hasil penelitian hipotesis pertama menunjukkan bahwa secara simultan, semua variabel independen berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas. Hasil penelitian hipotesis kedua menunjukkan bahwa secara simultan, semua variabel independen berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Variabel independen yang digunakan mampu menjelaskan variabel profitabilitas sebesar 7,4 %. Variabel independen yang digunakan mampu menjelaskan variabel nilai perusahaan sebesar 23,9 % Secara parsial, kebijakan utang, dan likuiditas tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas. Pertumbuhan penjualan berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas. Secara parsial, kebijakan utang, dan pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Likuiditas dan profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Profitabilitas dapat berperan sebagai variabel intervening pada pengaruh variabel likuiditas dan pertumbuhan penjualan terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Tugas Akhir / Tesis (Undergraduate (S-1))
Subjects: Akuntansi
Divisions: Fakultas Bisnis > Program Studi S-1 Akuntansi
Depositing User: Merpita Saragih
Date Deposited: 24 Jun 2025 03:03
Last Modified: 24 Jun 2025 03:03
URI: https://repository.mikroskil.ac.id/id/eprint/4012

Actions (login required)

View Item
View Item