PENGARUH APLIKASI TIKTOK SHOP, INOVASI BARU BELANJA ONLINE DAN TREN BELANJA ONLINE TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PELAJAR DI KECAMATAN MEDAN KOTA DENGAN POPULARITAS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

HARRIS KRISTANTO and FIONA NOVIKA and JENNIFER (2025) PENGARUH APLIKASI TIKTOK SHOP, INOVASI BARU BELANJA ONLINE DAN TREN BELANJA ONLINE TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PELAJAR DI KECAMATAN MEDAN KOTA DENGAN POPULARITAS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Undergraduate (S-1) thesis, Universitas Mikroskil.

[thumbnail of BAGIAN AWAL.pdf] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (10MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (19MB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of BAGIAN AKHIR.pdf] Text
BAGIAN AKHIR.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian tersebut bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh aplikasi TikTok Shop, inovasi baru belanja online dan tren belanja online terhadap minat berwirausaha pelajar di Kecamatan Medan Kota dengan popularitas sebagai variabel mediasi. Jenis penelitian tersebut merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik penentuan sampel pada penelitian tersebut menggunakan purposive sampling dan menggunakan rumus Lemeshow dengan jumlah sampel sebanyak 102 responden. Setelah itu, analisis data dengan metode Partial Least Square-Structural Equation Modelling (PLS-SEM) dengan menggunakan aplikasi SmartPLS 4.1. untuk menguji hipotesis yang diajukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi TikTok Shop berpengaruh langsung terhadap minat berwirausaha, inovasi baru belanja online tidak berpengaruh langsung terhadap minat berwirausaha, tren belanja online tidak berpengaruh langsung terhadap minat berwirausaha dan popularitas berpengaruh langsung terhadap minat berwirausaha. Aplikasi TikTok Shop berpengaruh langsung terhadap popularitas, inovasi baru belanja online berpengaruh langsung terhadap popularitas dan tren belanja online tidak berpengaruh langsung terhadap popularitas. Aplikasi TikTok Shop, inovasi baru belanja online dan tren belanja online tidak berpengaruh langsung terhadap minat berwirausaha dengan popularitas sebagai variabel mediasi. Hasil R-Square Adjusted menjelaskan bahwa minat berwirausaha (Y) berpengaruh sebesar 76,2% oleh variabel yang diteliti dan popularitas (Z) berpengaruh sebesar 75,4% oleh variabel yang diteliti.

Item Type: Tugas Akhir / Tesis (Undergraduate (S-1))
Subjects: Manajemen
Divisions: Fakultas Bisnis > Program Studi S-1 Manajemen
Depositing User: Adi Kurniawan
Date Deposited: 04 Mar 2025 05:37
Last Modified: 04 Mar 2025 05:37
URI: https://repository.mikroskil.ac.id/id/eprint/3814

Actions (login required)

View Item
View Item