SUDARTO and ERLANIE SUFARNAP and DJONI and SOPHYA HADINI MARPAUNG (2020) IMPLEMENTASI METODE WEBQUAL 4.0 DAN CUSTOMER SATISFACTION INDEX (CSI) UNTUK MENGUKUR KUALITAS WEBSITE E-COMMERCE. In: SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI (SNASTIKOM).
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi terhadap usability dan kepuasan pengguna dari website dengan menggunakan metode Webqual 4.0 yang merujuk pada tiga variabel yaitu Service Interaction Quality, Information Quality dan Usability Quality. Untuk mengukur kepuasan pengguna menggunakan Customer Satisfaction Index (CSI). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Dimana, data yang dikumpulkan berasal dari kuisioner, catatan atau memo peneliti dan dokumen pendukung lainnya sehingga didapatkan gambaran realita dalam mengembangkan potensi website secara mendalam dan tuntas. Website yang dijadikan sebagai objek dalam penelitian ini adalah website JD.ID, Sociolla dan Bhinneka. Berdasarkan populasi yang ada sebesar 4040 mahasiswa/i aktif digunakan metode slovin untuk menentukan jumlah sampel, maka diperoleh sampel dalam penelitian ini sebesar 364 responden. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuisioner dengan menggunakan google form, Instagram dan whatapps. Hasil dalam penelitian ini, menunjukkan bahwa kualitas layanan ketiga website dikategorikan baik dan sangat baik. Sedangkan hasil perhitungan CSI memperlihatkan pengguna merasa puas dan sangat puas terhadap ketiga website. Maka dapat dikatakan bahwa ketiga website telah memberikan kemudahan dan kepuasan kepada pengguna dalam melakukan berbagai transaksi.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Divisions: | Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) > Prosiding > Fakultas Informatika |
Depositing User: | Merpita Saragih |
Date Deposited: | 22 Nov 2024 09:27 |
Last Modified: | 22 Nov 2024 09:27 |
URI: | https://repository.mikroskil.ac.id/id/eprint/3774 |