ANALISIS CLUSTERING MENGGUNAKAN METODE ENHANCED FUZZY C-MEANS CLUSTERING (eFCM) DENGAN ALGORITMA ROCK PADA STUDENT PERFORMANCE DATASET

SIRMAWAN AGUSTINUS BALSNIMANDRA TELAUMBANUA (2024) ANALISIS CLUSTERING MENGGUNAKAN METODE ENHANCED FUZZY C-MEANS CLUSTERING (eFCM) DENGAN ALGORITMA ROCK PADA STUDENT PERFORMANCE DATASET. Masters (S-2) thesis, Universitas Mikroskil.

[thumbnail of BAGIAN AWAL.pdf] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[thumbnail of BAGIAN AKHIR.pdf] Text
BAGIAN AKHIR.pdf

Download (1MB)

Abstract

Algoritma Fuzzy C-Means (FCM) clustering merupakan metode pengelompokan yang efektif untuk analisis penilaian kinerja siswa. FCM dapat membantu mengelompokkan siswa berdasarkan pola penilaian, memfasilitasi pemahaman tingkat kinerja, dan mengidentifikasi kelompok yang homogen. Pengelompokan dapat juga memisahkan siswa berdasarkan tingkat kemampuan, memungkinkan penempatan mereka dalam kelompok pembelajaran yang sesuai. Namun, FCM memiliki kelemahan seperti sensibilitas terhadap kondisi awal dan konvergensi lambat. Untuk mengatasi kelemahan tersebut, digunakan metode tambahan, yaitu algoritma ROCK. Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan algoritma ROCK dalam menentukan nilai awal parameter pada FCM menghasilkan peningkatan signifikan, dengan kenaikan akurasi sebesar 9,54%, rand index sebesar 10,84%, dan F-measure sebesar 8,61%. Hasil ini menunjukkan bahwa penentuan nilai awal matriks fuzzy pseudo-partition (u) pada FCM, yang biasanya dilakukan secara acak, dapat ditingkatkan dengan menerapkan algoritma ROCK, menghasilkan pengelompokan data yang lebih baik.

Item Type: Tugas Akhir / Tesis (Masters (S-2))
Subjects: Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Informatika > Program Studi S-2 Teknologi Informasi
Depositing User: Adi Kurniawan
Date Deposited: 06 Sep 2024 11:16
Last Modified: 06 Sep 2024 11:16
URI: https://repository.mikroskil.ac.id/id/eprint/3744

Actions (login required)

View Item
View Item