GAME EDUKASI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA PADA ANAK USIA DINI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY

IMELDA S. SIGALINGGING and NASRANI PETRA NAINGGOLAN and VICKY ADRIANI LUBIS (2024) GAME EDUKASI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA PADA ANAK USIA DINI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY. Undergraduate (S-1) thesis, Universitas Mikroskil.

[thumbnail of BAGIAN AWAL.pdf] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB)
[thumbnail of BAGIAN AKHIR.pdf] Text
BAGIAN AKHIR.pdf

Download (2MB)

Abstract

Minat belajar matematika pada anak usia dini cenderung rendah karena penyampaian materi yang kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game edukasi matematika berbasis augmented reality (AR) dengan nama "AR Math Adventure" yang dirancang khusus untuk anak usia 3-5 tahun. Game ini diharapkan dapat meningkatkan minat belajar matematika melalui pengalaman belajar yang interaktif dan menyenangkan. Metode pengembangan yang digunakan adalah metode waterfall, yang meliputi tahap identifikasi masalah, analisis kebutuhan, desain sistem, dan implementasi. Aplikasi ini dikembangkan menggunakan Unity 3D sebagai game engine, Blender 3D untuk pembuatan aset, dan Vuforia SDK untuk implementasi teknologi AR. Pengujian dilakukan menggunakan metode blackbox testing untuk memastikan aplikasi berjalan dengan baik dan dapat mendeteksi marker dengan akurat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi AR Math Adventure berhasil meningkatkan minat belajar matematika pada anak usia dini. Pengujian terhadap anak usia dini juga menunjukkan respon positif terhadap fitur-fitur yang disediakan, seperti suara, warna, dan interaksi dengan objek virtual. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini efektif sebagai media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan minat dan pemahaman anak terhadap konsep-konsep dasar matematika.

Item Type: Tugas Akhir / Tesis (Undergraduate (S-1))
Subjects: Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Informatika > Program Studi S-1 Teknik Informatika
Depositing User: Adi Kurniawan
Date Deposited: 05 Sep 2024 10:41
Last Modified: 05 Sep 2024 10:41
URI: https://repository.mikroskil.ac.id/id/eprint/3731

Actions (login required)

View Item
View Item