PERAN ANONIMITAS DALAM PENGGUNAAN CHATBOT BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE PADA KALANGAN MAHASISWA DI KOTA MEDAN

RANDY BRILLIANT CHANDRA (2024) PERAN ANONIMITAS DALAM PENGGUNAAN CHATBOT BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE PADA KALANGAN MAHASISWA DI KOTA MEDAN. Masters (S-2) thesis, Universitas Mikroskil.

[thumbnail of BAGIAN AWAL.pdf] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (13MB)
[thumbnail of BAB III.docx.pdf] Text
BAB III.docx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[thumbnail of BAGIAN AKHIR.pdf] Text
BAGIAN AKHIR.pdf

Download (1MB)

Abstract

AI Chatbot adalah sebuah program komputer yang terintegrasi dengan teknologi artificial intelligence yang dikembangkan untuk dapat berinteraksi dan menyediakan informasi berguna bagi manusia. AI Chatbot menawarkan sifat anonimitas yang menjadi salah satu faktor bagi seseorang terdorong dalam menggunakannya sehingga mereka merasa aman ketika menggunakannya. Mahasiswa di Indonesia memiliki sifat pemalu untuk bertanya dan berpartisipasi dalam pembelajaran diakibatkan karena adanya faktor kecemasan dan rasa takut terhadap penilian yang negatif. Oleh karena itu perlu dilakukan pengujian untuk memahami sejauh mana faktor penerimaan dan pemanfaatan AI Chatbot. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh variabel anonimitas terhadap penggunaan AI Chatbot pada kalangan mahasiswa di kota Medan dengan menggunakan model UTAUT2. Survei dilakukan terhadap 421 mahasiswa. Dengan menggunakan model persamaan Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS, penelitian ini mengenalkan variabel anonimitas dalam model UTAUT2 yang memiliki pengaruh positif dan signifikan dalam mempengaruhi niat perilaku penggunaan AI Chatbot. Temuan ini juga menunjukkan bahwa nilai harga dan kebiasaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat perilaku, serta kebiasaan dan niat perilaku berpengaruh terhadap perilaku pengguna mahasiswa terhadap AI Chatbot di kota Medan. Namun ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, pengaruh sosial, kondisi memfasilitasi dan motivasi hedonis tidak berpengaruh terhadap niat perilaku dan perilaku pengguna mahasiswa terhadap AI Chatbot.

Item Type: Tugas Akhir / Tesis (Masters (S-2))
Subjects: Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Informatika > Program Studi S-2 Teknologi Informasi
Depositing User: Merpita Saragih
Date Deposited: 30 Aug 2024 12:29
Last Modified: 30 Aug 2024 12:43
URI: https://repository.mikroskil.ac.id/id/eprint/3697

Actions (login required)

View Item
View Item