WIELSEN and THENDRO DJEISHMAN TONGAM HUTAJULU and AMIRAH ATHAYA (2024) ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PELACAKAN PENGEMBALIAN BARANG PADA USAHA DISTRIBUTOR YAMAJAYA BERBASIS WEB. Undergraduate (S-1) thesis, Universitas Mikroskil.
![[thumbnail of BAGIAN AWAL.pdf]](https://repository.mikroskil.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAGIAN AWAL.pdf
Download (13MB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.mikroskil.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.mikroskil.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Download (12MB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.mikroskil.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (21MB)
![[thumbnail of BAGIAN AKHIR.pdf]](https://repository.mikroskil.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAGIAN AKHIR.pdf
Download (2MB)
Abstract
Analisis dan perancangan ini membahas permasalahan yang dihadapi oleh usaha distributor Yamajaya dalam memproses pengembalian barang. Terdapat tiga masalah utama yang diidentifikasi: Pencarian data barang pengembalian yang dilakukan secara manual oleh satu admin, progres perbaikan barang yang sulit diketahui karena pencatatan yang terbatas dan tidak terorganisir, serta pelanggan kesulitan mendapatkan informasi pengembalian barang karena harus melalui komunikasi tidak langsung. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis dan merancang sistem pelacakan pengembalian barang yang otomatis. Software Development Life Cycle (SDLC) digunakan dalam tahapan pelaksanaan analisis dan perancangan ini. Mekanisme yang digunakan pada analisis dan perancangan ini meliputi menentukan ruang lingkup, analisis masalah, analisis kebutuhan sistem, desain antarmuka, dan Entity Relationship Diagram (ERD). Sistem yang dirancang menghasilkan fitur penyaringan dan kategorisasi status untuk memudahkan pencarian informasi, serta fitur pelacakan dan pembaruan status progres perbaikan barang. Selain itu, portal sistem dirancang khusus untuk pelanggan dengan notifikasi untuk setiap pembaruan status. Sistem yang dirancang dapat memberikan informasi yang lebih detail dan terorganisir, meningkatkan transparansi, serta mempermudah admin dan pelanggan dalam proses pengembalian barang rusak. Sistem ini diharapkan dapat memberikan inovasi baru dalam proses pelacakan pengembalian barang pada usaha distributor.
Item Type: | Tugas Akhir / Tesis (Undergraduate (S-1)) |
---|---|
Subjects: | Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Informatika > Program Studi S-1 Teknik Informatika |
Depositing User: | Merpita Saragih |
Date Deposited: | 28 Aug 2024 12:57 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 12:57 |
URI: | https://repository.mikroskil.ac.id/id/eprint/3681 |