ALBERT RADJA SIHITE and MUHAMMAD AZRAQI SYAHRIZA (2024) PENGEMBANGAN APLIKASI GAME BERBASIS ANDROID UNTUK MEMPERKENALKAN PAKAIAN ADAT INDONESIA KEPADA ANAK-ANAK. Undergraduate (S-1) thesis, Universitas Mikroskil.
BAGIAN AWAL.pdf
Download (8MB)
BAB I.pdf
Download (1MB)
BAB II.pdf
Download (13MB)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (13MB)
BAGIAN AKHIR.pdf
Download (1MB)
Abstract
Indonesia adalah negeri yang kaya akan kebudayaan, tradisi dan sejarah. Salah satu warisan budaya yang harus dijaga adalah pakaian adat yang beragam. Melalui pakaian adat masyarakat Indonesia dapat belajar, memperkenalkan kebudayaan Indonesia Kepada dunia, dan memperkuat identitas bangsa. Namun, masih banyak anak-anak yang tidak mengetahui pakaian adat yang ada di setiap daerah di Indonesia. Pakaian adat Indonesia harus diperkenalkan kepada anak-anak agar mereka lebih memahami pakaian adat di era kemajuan teknologi. Ini akan mengantisipasi kurangnya pemahaman tentang pakaian adat yang ada di Indonesia. Oleh karena itu maka diperlukan pengembangan aplikasi game edukasi berbasis mobile sebagai sarana pengenalan pakaian adat indonesia dengan memvisualisaikan informasi untuk anak-anak, untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan mengenai warisan budaya Indonesia. Aplikasi Game ini dikembangkan dengan metode pengembangan AGILE. Hasil dari pengembangan ini adalah berupa game yang berjudul “BERADAT” dengan fitur kuis interaktif yang beragam dan galeri yang berisi koleksi pakaian adat yang telah di uji dengan metode pengujian Blackbox sehingga game ini mampu untuk memperkenalkan pakaian adat Indonesia kepada anak-anak.
Item Type: | Tugas Akhir / Tesis (Undergraduate (S-1)) |
---|---|
Subjects: | Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Informatika > Program Studi S-1 Teknik Informatika |
Depositing User: | Adi Kurniawan |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 11:12 |
Last Modified: | 26 Aug 2024 11:12 |
URI: | https://repository.mikroskil.ac.id/id/eprint/3657 |