PENGEMBANGAN GAME AUGMENTED REALITY PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS MOBILE

RICHARD WANGSA and FERNANDO UTAMA and BENNY WIJAYA (2024) PENGEMBANGAN GAME AUGMENTED REALITY PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS MOBILE. Undergraduate (S-1) thesis, Universitas Mikroskil.

[thumbnail of BAGIAN AWAL.pdf] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (11MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (12MB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)
[thumbnail of BAGIAN AKHIR.pdf] Text
BAGIAN AKHIR.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan teknologi dalam pembelajaran Bahasa Inggris telah meningkat pesat, dengan salah satu inovasinya adalah penggunaan Augmented Reality (AR). Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan sebuah game pembelajaran bahasa Inggris berbasis mobile yang menggabungkan teknologi AR untuk meningkatkan interaktivitas dan efektivitas belajar. Metode yang digunakan meliputi desain dan pengembangan aplikasi menggunakan Unity, 3D Blender dan Vuforia, serta uji coba pada siswa-siswa di tingkat dasar. Hasil uji coba dari sebelum bermain game dengan nilai rata rata 13/20 dan setelah bermain game nilai rata ratanya 16.8/20 menunjukkan bahwa game AR ini mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Bahasa Inggris. Kesimpulannya, pengembangan game AR ini memberikan kontribusi yang berarti dalam inovasi metode pembelajaran Bahasa Inggris secara signifikan.

Item Type: Tugas Akhir / Tesis (Undergraduate (S-1))
Subjects: Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Informatika > Program Studi S-1 Teknik Informatika
Depositing User: Merpita Saragih
Date Deposited: 26 Aug 2024 08:42
Last Modified: 26 Aug 2024 08:42
URI: https://repository.mikroskil.ac.id/id/eprint/3652

Actions (login required)

View Item
View Item