PENGEMBANGAN APLIKASI MANAJEMEN STOK DAN LAYANAN PERBAIKAN PADA MITRA SERVICE BERBASIS WEB DAN MOBILE

JULIAN CHANDRA and ROBIN and STEPHEN SANJAYA (2024) PENGEMBANGAN APLIKASI MANAJEMEN STOK DAN LAYANAN PERBAIKAN PADA MITRA SERVICE BERBASIS WEB DAN MOBILE. Undergraduate (S-1) thesis, Universitas Mikroskil.

[thumbnail of BAGIAN AWAL.pdf] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (14MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83MB)
[thumbnail of BAGIAN AKHIR.pdf] Text
BAGIAN AKHIR.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi di era globalisasi telah meningkatkan efisiensi pekerjaan di berbagai sektor, termasuk reparasi alat dapur komersial. Mitra Service menghadapi tantangan dalam mengelola proses reparasi dan persediaan suku cadang. Proses reparasi dimulai dari keluhan konsumen, pembuatan laporan, pengiriman laporan ke WhatsApp Group, kunjungan teknisi, pengecekan unit, dan konfirmasi biaya penggantian suku cadang oleh administrator belum terkomputerisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan efektivitas dalam pencatatan stok, laporan kerja teknisi dan pemantauan laporan. Sistem dirancang dengan metodologi waterfall, tampilan menggunakan Figma dan basis data dengan Diagram.Net. Adapun pengujian aplikasi menggunakan metode black-box testing. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi berbasis web dan mobile. Aplikasi web terbagi menjadi dua sisi, yakni sisi administrator untuk memantau stok melalui riwayat keluar masuk barang serta memantau perkembangan laporan reparasi, dan sisi masyarakat umum untuk masyarakat yang ingin memantau laporan reparasinya. Aplikasi mobile juga terbagi menjadi dua sisi, yakni sisi pelapor yang digunakan untuk membuat serta memantau laporan, dan sisi teknisi yang digunakan oleh teknisi untuk melihat daftar pekerjaan dan mengisi laporan pekerjaan yang secara otomatis terdaftar pada aplikasi web sisi administrator sehingga proses input menjadi efisien. Berdasarkan hasil pengembangan aplikasi, black-box testing, dan evaluasi persepsi pengguna dengan nilai rata-rata 90%, aplikasi ini sangat baik dan berhasil menyelesaikan permasalahan Mitra Service.

Item Type: Tugas Akhir / Tesis (Undergraduate (S-1))
Subjects: Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Informatika > Program Studi S-1 Teknik Informatika
Depositing User: Adi Kurniawan
Date Deposited: 26 Aug 2024 08:08
Last Modified: 26 Aug 2024 08:08
URI: https://repository.mikroskil.ac.id/id/eprint/3650

Actions (login required)

View Item
View Item