DAVID WIJAYA and CALVIN RAI DISON SIHOMBING and YUSRIYAH AFIFAH DEWI KARTIKA (2024) EVALUASI PENGALAMAN PENGGUNA DAN USABILITAS PADA APLIKASI MAXIM DENGAN METODE UEQ-SF DAN SUS. Undergraduate (S-1) thesis, Universitas Mikroskil.
BAGIAN AWAL.pdf
Download (9MB)
BAB I .pdf
Download (1MB)
BAB II .pdf
Download (9MB)
BAB III .pdf
Restricted to Registered users only
Download (13MB)
BAGIAN AKHIR.pdf
Download (1MB)
Abstract
MAXIM adalah perusahaan jasa transportasi internasional yang menggunakan teknologi informasi, menawarkan layanan seperti Maxim Ride, Maxim Car, Maxim Delivery, Maxim Food, dan Maxim Cargo dengan tarif murah mulai 3 kilometer. Pada Februari 2023, aplikasi MAXIM telah diunduh lebih dari 50 juta kali di Play Store, dengan rating 4,8 dari 3 juta ulasan pengguna. Penelitian ini mengukur pengalaman dan kualitas aplikasi MAXIM menggunakan User Experience Questionnaire - Short Form (UEQ-SF) dan System Usability Scale (SUS) dengan data dari 626 responden. Hasil menunjukkan nilai rata-rata Pragmatic Quality sebesar 1,018, Hedonic Quality 0,869, dan Overall 0,943, menunjukkan penilaian positif terhadap fungsionalitas aplikasi. Namun, aspek emosional memerlukan peningkatan. Skor SUS rata-rata 67,02 menempatkan aplikasi pada kategori "Cukup" (Grade D). Pengujian reliabilitas dengan SPSS menghasilkan Cronbach's Alpha 0,908 dan 0,909, menegaskan konsistensi internal instrumen evaluasi. Hasil ini menunjukkan aplikasi dapat digunakan dengan memadai, meskipun ada ruang untuk perbaikan dalam aspek kegunaan sistem.
Item Type: | Tugas Akhir / Tesis (Undergraduate (S-1)) |
---|---|
Subjects: | Sistem Informasi |
Divisions: | Fakultas Informatika > Program Studi S-1 Sistem Informasi |
Depositing User: | Rospi Marlena |
Date Deposited: | 16 Aug 2024 10:50 |
Last Modified: | 16 Aug 2024 10:50 |
URI: | https://repository.mikroskil.ac.id/id/eprint/3557 |