JONATHAN KUNADI (2024) ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN APLIKASI SHOPEE DENGAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS), CUSTOMER SATISFACTION INDEX (CSI), DAN IMPORTANCE PERFOMANCE ANALYSIS (IPA). Undergraduate (S-1) thesis, Universitas Mikroskil.
BAGIAN AWAL.pdf
Download (6MB)
BAB I.pdf
Download (2MB)
BAB II.pdf
Download (8MB)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (13MB)
BAGIAN AKHIR.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan pengguna aplikasi Shopee menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS), Customer Satisfaction Index (CSI), dan Importance Performance Analysis (IPA). Shopee dipilih sebagai objek penelitian karena memiliki jumlah kunjungan situs terbanyak di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan populasi masyarakat kota Medan yang menggunakan layanan aplikasi mobile e-commerce Shopee. Penentuan jumlah sampel minimal dilakukan dengan rumus Lemeshow, menghasilkan 384 responden sebagai sampel penelitian. Data diambil dari ulasan pengguna di PlayStore, yang menunjukkan adanya kepuasan dan ketidakpuasan pengguna terhadap layanan aplikasi. Metode EUCS digunakan untuk menyusun pertanyaan yang dianalisis menggunakan metode CSI dan IPA, memberikan pemahaman komprehensif tentang kepuasan pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pelanggan terhadap aplikasi Shopee tergolong cukup tinggi dengan skor CSI sebesar 70,49%, termasuk dalam kategori "puas". Namun, analisis IPA mengidentifikasi beberapa atribut yang perlu ditingkatkan, seperti Timeliness dan Ease of Use, untuk memenuhi ekspektasi pengguna.
Item Type: | Tugas Akhir / Tesis (Undergraduate (S-1)) |
---|---|
Subjects: | Sistem Informasi |
Divisions: | Fakultas Informatika > Program Studi S-1 Sistem Informasi |
Depositing User: | Merpita Saragih |
Date Deposited: | 16 Aug 2024 09:05 |
Last Modified: | 16 Aug 2024 09:05 |
URI: | https://repository.mikroskil.ac.id/id/eprint/3552 |