EVALUASI PENGALAMAN PENGGUNA APLIKASI PLN MOBILE MENGGUNAKAN METODE USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE PLUS (UEQ+)

ZULPA SALSABILA and FANDI HALIM and VIVIYANTY and REGINA AVE RAMEYANA BERUTU and JEKSON TUA SINAMO (2024) EVALUASI PENGALAMAN PENGGUNA APLIKASI PLN MOBILE MENGGUNAKAN METODE USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE PLUS (UEQ+). JOURNAL SCIENTFIC AND APPLIED INFORMATICS, 7 (2). pp. 224-234. ISSN 2614-3062

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan MetodeUser Experience Questionnaire Plus (UEQ+) dalam analisis dan evaluasi pengalaman pengguna aplikasi PLN Mobile, yang telah diunduh oleh 10 juta pengguna. Hasil review PLN Mobilemendapatkan nilai positif juga mendapatkan ulasan negatif. Melihat adanya komentar yang positif dan negatif oleh pengguna aplikasi, hal tersebut mendorong dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini ditujukan untuk mendapatkan tingkat pengalaman pengguna dengan menggunakan metode ilmiah. Penelitian ini akan menggunakan Data analysistoolsyang sudah disediakan dalam bentukMicrosoft Excel untukmenganalisis data kuesioner yang didapatkan. Adapunskala yang digunakan dalam penelitian ini, disesuaikandengan rekomendasi UEQ+, yangrelevan pada kategori produk web shops. Berdasarkan hasil pengolahan data dari 404 responden pada masing-masing skala, aplikasi PLN Mobilemendapatkan evaluasi nilai positif pada skala (intuitive use, dependability, trust, trustworthiness of content, quality of content, clarity, visual aesthetics, value)mendapat nilai mean (1.94, 1.94, 2.03, 2.14, 2.11, 2.12, 2.01, 2.09). Hasil seluruh nilai grafik importance rating mendapatkan nilai positif. hal tersebut menunjukkan bahwa setiap skala yang diukur pada aplikasi PLN Mobileadalah penting.

Item Type: Article
Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) > Artikel > Fakultas Informatika
Depositing User: Anwar Fauzi Ritonga
Date Deposited: 29 Jul 2024 02:46
Last Modified: 29 Jul 2024 02:46
URI: https://repository.mikroskil.ac.id/id/eprint/3526

Actions (login required)

View Item
View Item