BAGUS SANGAJI and HOTDINAR OKTAVIANA GULTOM (2022) ANALISIS DAN PERANCANGAN TAMPILAN APLIKASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS GAMIFIKASI. Undergraduate (S-1) thesis, Universitas Mikroskil.
BAGIAN AWAL.pdf
Download (8MB)
BAB I.pdf
Download (1MB)
BAB II.pdf
Download (7MB)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (17MB)
BAGIAN AKHIR.pdf
Download (2MB)
Abstract
Matematika merupakan mata pelajaran yang abstrak dan tergolong sulit bagi sebagian siswa, sehingga tidak heran banyak siswa yang kurang berminat dan kurang termotivasi dalam mempelajarinya. Motivasi erat kaitannya dengan pembelajaran, sebab tanpa adanya motivasi maka siswa tidak akan bersungguh-sungguh dalam belajar dan mendapatkan hasil yang kurang memuaskan. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan motivasi siswa adalah dengan memberikan tantangan dan hadiah, meningkatkan interaksi antara siswa dengan media pembelajaran, serta memberikan siswa kebebasan untuk berekspresi agar siswa merasa senang. Game merupakan media yang sangat tepat untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar karena sangat interaktif dan menyenangkan. Pembelajaran berbasis gamifikasi merupakan penggabungan elemen-elemen game ke dalam media pembelajaran, sehingga belajar akan terasa menyenangkan selayaknya bermain game. Maka dari itu dirancanglah sebuah media pembelajaran matematika berbasis gamifikasi untuk meningkatkan motivasi siswa agar memperoleh hasil yang maksimal ketika belajar. Selain itu penambahan fitur customization options akan membuat media pembelajaran lebih responsif dan atraktif karena siswa bebas melakukan perubahan pada beberapa hal di dalam aplikasi.
Item Type: | Tugas Akhir / Tesis (Undergraduate (S-1)) |
---|---|
Subjects: | Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Informatika > Program Studi S-1 Teknik Informatika |
Depositing User: | Adi Kurniawan |
Date Deposited: | 07 Dec 2022 05:33 |
Last Modified: | 07 Dec 2022 05:33 |
URI: | https://repository.mikroskil.ac.id/id/eprint/346 |