PENGEMBANGAN APLIKASI LATIHAN SOAL MENGGUNAKAN LARGE LANGUAGE MODEL (LLM) BERBASIS WEB

ANDREW ELIEZER TARIGAN and EDWIN TANTAWI and JOSUA SITANGGANG (2024) PENGEMBANGAN APLIKASI LATIHAN SOAL MENGGUNAKAN LARGE LANGUAGE MODEL (LLM) BERBASIS WEB. Undergraduate (S-1) thesis, Universitas Mikroskil.

[thumbnail of BAGIAN AWAL.pdf] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (9MB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21MB)
[thumbnail of BAGIAN AKHIR.pdf] Text
BAGIAN AKHIR.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam pembangunan suatu negara. Kualitas pendidikan yang tinggi menjadi landasan bagi pembentukan sumber daya manusia yang kompeten dan berdaya saing. Salah satu tantangan utama yang dihadapi siswa adalah keterbatasan akses dan variasi soal latihan dalam metode konvensional. Penggunaan buku latihan seringkali tidak optimal karena keterbatasan dalam mendapatkan soal yang relevan dan bervariasi sesuai dengan materi yang telah dipelajari. Kendala ini dapat menghambat kemampuan siswa untuk mengasah pemikiran kritis dan pemahaman mendalam, terutama ketika siswa ingin mendalami materi di luar lingkup kurikulum sekolah. Penelitian ini berfokus pada pemanfaatan Large Language Model (LLM) untuk pembelajaran melalui aplikasi latihan soal. LLM merupakan algoritma deep learning yang dilengkapi untuk merangkum, menerjemahkan, memprediksi, dan menghasilkan teks. Dalam pendekatan ini, pengguna dapat memasukkan dokumen berbentuk PDF sebagai basis materi pembelajaran dan pengguna dapat menentukan topik dan jumlah soal yang diinginkan. LLM kemudian menghasilkan soal-soal yang relevan dengan dokumen tersebut, menciptakan sumber daya pembelajaran yang interaktif dan adaptif. Pengujian yang telah dilakukan pada aplikasi untuk mengetahui tingkat relevansi soal yang dihasilkan menggunakan metode pengujian metrik precision. Pengujian dilakukan terhadap 800 soal yang terdiri dari 4 dokumen yang berbeda, dengan hasil pengujian yang menunjukkan tingkat relevansi soal sebesar 94.75% yang menunjukkan bahwa hasil tersebut dapat dikatakan baik.

Item Type: Tugas Akhir / Tesis (Undergraduate (S-1))
Subjects: Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Informatika > Program Studi S-1 Teknik Informatika
Depositing User: Adi Kurniawan
Date Deposited: 08 Mar 2024 08:05
Last Modified: 08 Mar 2024 08:42
URI: https://repository.mikroskil.ac.id/id/eprint/3448

Actions (login required)

View Item
View Item