FERDY LIM and CALVIN KOSASIH and YOSAMAN GIAWA (2023) EVALUASI USABILITY GOOGLE CLASSROOM DENGAN MENGGUNAKAN METODE USE QUESTIONNAIRE. Undergraduate (S-1) thesis, Universitas Mikroskil.
BAGIAN AWAL.pdf
Download (6MB)
BAB I.pdf
Download (938kB)
BAB II.pdf
Download (6MB)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
BAGIAN AKHIR.pdf
Download (932kB)
Abstract
Google Classroom adalah aplikasi open-source yang dikembangkan oleh Google yang menyediakan berbagai fitur untuk mendukung pembelajaran online. Selama pandemi COVID-19, Google Classroom menjadi alternatif bagi sekolah dan universitas untuk melanjutkan pembelajaran dengan menjaga jarak sosial. Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa pengguna memerlukan waktu untuk memahami cara menggunakan platform ini dengan efektif. Oleh karena itu, evaluasi usability diperlukan untuk memastikan platform ini dapat memenuhi kebutuhan dan harapan pengguna. Evaluasi ini dilakukan menggunakan metode Usefulness, Ease of Use, and Satisfaction (USE) Questionnaire yang membantu mengidentifikasi kebutuhan dan kelemahan pengguna pada platform. Untuk menghasilkan rekomendasi perbaikan, dilakukan task scenario usability testing. Task scenario usability testing digunakan untuk mengidentifikasi masalah yang mungkin timbul saat pengguna menggunakan produk dan memberikan saran perbaikan yang dapat meningkatkan pengalaman pengguna dengan produk tersebut. Hasil evaluasi dari usability Google Classroom masih layak digunakan, dengan skor usability 79.07% untuk kategori mahasiswa dan skor usability 79.43% untuk kategori dosen. Namun, hasil dari task scenario testing pada tampilan utama kelas menunjukkan skor usability yang tidak layak untuk pengerjaan task pembuatan materi dan task pembuatan tugas.
Item Type: | Tugas Akhir / Tesis (Undergraduate (S-1)) |
---|---|
Subjects: | Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Informatika > Program Studi S-1 Teknik Informatika |
Depositing User: | Adi Kurniawan |
Date Deposited: | 29 Sep 2023 08:42 |
Last Modified: | 29 Sep 2023 08:42 |
URI: | https://repository.mikroskil.ac.id/id/eprint/3330 |