ANALISIS DAN EVALUASI PENGALAMAN PENGGUNA PADA APLIKASI MOBILE JKN DENGAN MENGGUNAKAN METODE USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE PLUS (UEQ+)

RONALDI DAMANIK and TALENTA PURNAMA CINTA (2023) ANALISIS DAN EVALUASI PENGALAMAN PENGGUNA PADA APLIKASI MOBILE JKN DENGAN MENGGUNAKAN METODE USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE PLUS (UEQ+). Undergraduate (S-1) thesis, Universitas Mikroskil.

[thumbnail of BAGIAN AWAL.pdf] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17MB)
[thumbnail of BAGIAN AKHIR.pdf] Text
BAGIAN AKHIR.pdf

Download (416kB)

Abstract

Analisis dan Evaluasi pada aplikasi JKN Mobile bertujuan untuk mengukur dan mengevaluasi User Experience Aplikasi Mobile JKN BPJS dengan menggunakan metode UEQ+. Adapun beberapa masalah pada aplikasi Mobile JKN yang dapat diukur berdasarkan tanggapan pengguna yang ada di Play Store seperti kecepatan response aplikasi dalam memproses yang cukup lama, iklan yang terlalu berlebihan dan jenis iklan yang tidak cocok untuk dilihat oleh segala usia, fitur-fitur yang tidak sebanding dengan biaya yang dibayarkan untuk mengakses fiturnya, dan beberapa fitur yang tidak dapat digunakan dengan baik. Melalui analisis dan evaluasi pengalaman pengguna ini, kita dapat mengetahui seberapa nilai dari aplikasi JKN Mobile , berdasarkan dari penilaian penggunaan aplikasi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode User Experience Questionnaire plus (UEQ+) dimana UEQ+ memiliki keunggulan dapat membuat kuesioner dengan aspek UX yang bisa dipilih sesuai kebutuhan berbagai skala pada produk yang akan dievaluasi. UEQ+ juga menggunakan Microsoft Excel dalam menganalisis kuesioner yang didapatkan. Sebagai Online Questionnaire, skala yang digunakan dalam UEQ+ tidak lebih dari 6 skala mengingat penting untuk menjaga panjang kuesioner dalam kisaran wajar agar mendapatkan tingkat tanggapan yang wajar [2]. UEQ+ juga memiliki beberapa dimensi pengukuran seperti Trust,Dependability, Content Quality, Trustworthiness of Content, Effiiciency, Clarity, Intuitive Use, Value, dan Usefullness. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa sebagai jenis aplikasi untuk Medis adalah baik, nilai KPI dari ke 9 skala mendapatkan hasil lebih besar dari nilai standar deviasi yang menunjukkan bahwa JKN Mobile dinilai sangat baik oleh responden.

Item Type: Tugas Akhir / Tesis (Undergraduate (S-1))
Subjects: Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Informatika > Program Studi S-1 Sistem Informasi
Depositing User: Merpita Saragih
Date Deposited: 25 Sep 2023 08:22
Last Modified: 25 Sep 2023 08:22
URI: https://repository.mikroskil.ac.id/id/eprint/3274

Actions (login required)

View Item
View Item