IMPLEMENTASI METODE FINITE STATE MACHINE DALAM PENGEMBANGAN ROLE PLAYING GAME PEMBELAJARAN DASAR PYTHON

FELIX JANSEN TANJAYA and YENI and TANDRI (2023) IMPLEMENTASI METODE FINITE STATE MACHINE DALAM PENGEMBANGAN ROLE PLAYING GAME PEMBELAJARAN DASAR PYTHON. Undergraduate (S-1) thesis, Universitas Mikroskil.

[thumbnail of BAGIAN AWAL.pdf] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (9MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (14MB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)
[thumbnail of BAGIAN AKHIR.pdf] Text
BAGIAN AKHIR.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pemrograman merupakan keahlian yang sangat dibutuhkan saat ini. Namun, berdasarkan hasil dari kuesioner yang dilakukan terhadap 265 orang pada 13 s.d. 17 Oktober 2022, terdapat 230 responden yang menyatakan pernah atau ingin mempelajari bahasa pemrograman, dan dari responden tersebut sebanyak 75,7% mengalami kesulitan dalam mempelajari bahasa pemrograman. Selain itu, 34,8% dari responden tersebut juga merasa bosan mempelajari bahasa pemrograman dari internet atau buku. Sebagai solusi, penelitian ini membuat sebuah produk dari game-based learning yaitu game bernama PyQuest yang dalam pengaturan perilaku NPC, menggunakan FSM di dalamnya. Dari hasil pengujian yang dilakukan oleh developer, game beserta keseluruhan fitur yang terdapat di dalam game dapat berjalan dengan baik dan lancar, termasuk dengan FSM. Sedangkan dari hasil pengujian terhadap 25 relawan game tester yang bertindak sebagai user, dengan 22 user valid, didapatkan hasil bahwa game PyQuest cenderung dapat membuat user tertarik dalam pembelajaran yang disajikan (didukung 54,5% user), meningkatkan minat user mempelajari bahasa pemrograman tingkat lanjut (didukung 50% user), mudah dalam mempelajari (didukung 40,9% user), sangat ramah pemula (didukung 50% user), dan sangat direkomendasikan (didukung 100% user). Sehingga, dari hasil tersebut, game PyQuest dapat menjadi solusi media pembelajaran alternatif yang dapat digunakan oleh orang yang ingin mempelajari bahasa pemrograman.

Item Type: Tugas Akhir / Tesis (Undergraduate (S-1))
Subjects: Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Informatika > Program Studi S-1 Teknik Informatika
Depositing User: Adi Kurniawan
Date Deposited: 21 Aug 2023 09:35
Last Modified: 22 Aug 2023 10:36
URI: https://repository.mikroskil.ac.id/id/eprint/3044

Actions (login required)

View Item
View Item