AMBRI SYAHPUTRA and FAISAL ABDA’U (2016) IMPLEMENTASI ALGORITMA K-MEANS DAN CT-PRO PADA MARKET BASKET ANALYSIS. Undergraduate (S-1) thesis, Universitas Mikroskil.
BAGIAN AWAL.pdf
Download (4MB)
BAB I.pdf
Download (2MB)
BAB II.pdf
Download (6MB)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (9MB)
BAGIAN AKHIR.pdf
Download (1MB)
Abstract
Market Basket Analysis merupakan salah satu tipe analisis data yang paling sering digunakan dalam dunia pemasaran, teknik ini digunakan untuk menganalisis isi keranjang belanja guna mendapatkan informasi produk apa saja yang paling sering dibeli sekaligus oleh para konsumen. Informasi yang didapat digunakan sebagai strategi dalam menjalankan bisnis, seperti rekomendasi tata letak barang. Dalam tugas akhir ini dilakukan penggabungan dua metode, K-Means mengelompokkan data transaksi berdasarkan kategori untuk meningkatkan keakurasian dalam penggalian informasi dari data set dan salah satu metode data mining yang biasa digunakan untuk menggali informasi tersebut yaitu CT-Pro. Informasi yang diperoleh berupa informasi tentang produk-produk yang sering dibeli secara bersamaan (Assosiation Pattern Rules). Dari pengujian yang telah dilakukan disimpulkan bahwa penelitian ini berhasil menggali informasi yang diinginkan. Informasi yang didapatkan berupa rules yang telah ditentukan terlebih dahulu minimum support-nya.
Item Type: | Tugas Akhir / Tesis (Undergraduate (S-1)) |
---|---|
Subjects: | Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Informatika > Program Studi S-1 Teknik Informatika |
Depositing User: | Adi Kurniawan |
Date Deposited: | 06 May 2023 07:30 |
Last Modified: | 06 May 2023 07:30 |
URI: | https://repository.mikroskil.ac.id/id/eprint/2511 |