AGUS RIANTO and FENY ARIFHIENTA (2018) APLIKASI MARKET BASKET ANALYSIS DENGAN BIDE-MARGIN DAN K-MEANS CLUSTERING. Undergraduate (S-1) thesis, Universitas Mikroskil.
BAGIAN AWAL.pdf
Download (4MB)
BAB I.pdf
Download (2MB)
BAB II.pdf
Download (7MB)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (13MB)
BAGIAN AKHIR.pdf
Download (2MB)
Abstract
Market Basket Analysis merupakan metode umum yang digunakan oleh pebisnis ritel untuk mengembangkan strategi penjualan agar dapat menjaring konsumen. Hal ini dilakukan dengan menganalisa data transaksi untuk menemukan hubungan asosiasi antar produk. Namun pada umumnya, suatu hubungan asosiasi dapat terkandung dalam hubungan asosiasi lainnya. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dilakukan implementasi algoritma BIDE-Margin dan K-Means Clustering untuk menghasilkan hubungan asosiasi antar produk yang dikelompokkan berdasarkan nilai support dan confidence. Metode pengujian yang diterapkan adalah White Box Testing yang digunakan untuk menguji seberapa efektif algoritma BIDE-Margin dalam mengeliminasi rule yang muncul secara berlebihan dan K-Means Clustering dalam mengelompokkan association rule. Hasil yang dicapai dengan melakukan implementasi algoritma BIDEMargin dan K-Means Clustering adalah mampu mengetahui keterikatan hubungan asosiasi antar produk.
Item Type: | Tugas Akhir / Tesis (Undergraduate (S-1)) |
---|---|
Subjects: | Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Informatika > Program Studi S-1 Teknik Informatika |
Depositing User: | Adi Kurniawan |
Date Deposited: | 20 Mar 2023 08:14 |
Last Modified: | 20 Mar 2023 09:16 |
URI: | https://repository.mikroskil.ac.id/id/eprint/1731 |