APLIKASI MARKET BASKET ANALYSIS DENGAN BIDE-MARGIN DAN K-MEANS CLUSTERING

AGUS RIANTO and FENY ARIFHIENTA (2018) APLIKASI MARKET BASKET ANALYSIS DENGAN BIDE-MARGIN DAN K-MEANS CLUSTERING. Undergraduate (S-1) thesis, Universitas Mikroskil.

[thumbnail of BAGIAN AWAL.pdf] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)
[thumbnail of BAGIAN AKHIR.pdf] Text
BAGIAN AKHIR.pdf

Download (2MB)

Abstract

Market Basket Analysis merupakan metode umum yang digunakan oleh pebisnis ritel untuk mengembangkan strategi penjualan agar dapat menjaring konsumen. Hal ini dilakukan dengan menganalisa data transaksi untuk menemukan hubungan asosiasi antar produk. Namun pada umumnya, suatu hubungan asosiasi dapat terkandung dalam hubungan asosiasi lainnya. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dilakukan implementasi algoritma BIDE-Margin dan K-Means Clustering untuk menghasilkan hubungan asosiasi antar produk yang dikelompokkan berdasarkan nilai support dan confidence. Metode pengujian yang diterapkan adalah White Box Testing yang digunakan untuk menguji seberapa efektif algoritma BIDE-Margin dalam mengeliminasi rule yang muncul secara berlebihan dan K-Means Clustering dalam mengelompokkan association rule. Hasil yang dicapai dengan melakukan implementasi algoritma BIDEMargin dan K-Means Clustering adalah mampu mengetahui keterikatan hubungan asosiasi antar produk.

Item Type: Tugas Akhir / Tesis (Undergraduate (S-1))
Subjects: Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Informatika > Program Studi S-1 Teknik Informatika
Depositing User: Adi Kurniawan
Date Deposited: 20 Mar 2023 08:14
Last Modified: 20 Mar 2023 09:16
URI: https://repository.mikroskil.ac.id/id/eprint/1731

Actions (login required)

View Item
View Item